Rabu 11 Jan 2023 13:51 WIB

Jadi Pelatih Klub Terbaik Dunia 2022 Versi IFFHS, Ancelotti Dekati Rekor Mourinho

Carlo Ancelotti mengungguli Pep Guardiola di posisi kedua.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti terpilih sebagai pelatih terbaik dunia 2022 versi IFFHS.
Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti terpilih sebagai pelatih terbaik dunia 2022 versi IFFHS.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, terpilih sebagai pelatih klub terbaik sedunia versi International Federation of Football History and Statistic (IFFHS) pada 2022. IFFHS adalah sebuah organisasi pencatat sejarah dan statistik sepak bola yang diakui oleh FIFA.

Ancelotti unggul telak atas peringkat kedua dalam kategori tersebut, yang ditempati oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Tidak tanggung-tanggung, pelatih berusia 63 tahun itu berhasil mengumpulkan 245 poin, unggul 200 poin dari Guardiola. Keberhasilan Ancelotti mempersembahkan empat trofi buat Los Blancos pada sepanjang 2022 menjadi alasan utama terpilih sebagai pelatih klub terbaik di dunia pada 2022.

Baca Juga

''Pelatih asal Italia itu mendominasi kategori ini, karena pencapaian fantastis pada musim lalu, termasuk raihan gelar juara Liga Champions,'' tulis pernyataan resmi IFFHS, Rabu (11/1/2023).

Selain trofi Liga Champions, eks pelatih Everton itu juga berhasil memboyong gelar juara La Liga, trofi Piala Super Spanyol, dan trofi Piala Super Eropa ke markas Los Blancos. Capaian ini tergolong istimewa lantaran musim lalu merupakan musim debut periode kedua Ancelotti bersama Los Blancos.

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu dipercaya menggantikan Zinedine Zidane sebagai pelatih tim utama Los Blancos pada 1 Juni 2021. Ini menjadi kesempatan kedua Ancelotti menukangi Los Blancos setelah sebelumnya menukangi tim asal Ibu kota Spanyol itu pada 2013 hingga 2015 silam.

Buat Ancelotti ini menjadi keberhasilan kedua menyabet gelar pelatih klub terbaik di dunia versi IFFHS. Sebelumnya, Ancelotti mendapatkan penghargaan serupa pada 2007 kala masih menukangi AC Milan, dan pada 2014 saat membesut Los Blancos. Khusus pada 2014, Ancelotti juga berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions buat Los Blancos.

Ancelotti pun...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement