Kamis 12 Jan 2023 22:39 WIB

Lebih Tinggi dari Gaji Ronaldo di Al Nassr, Al Hilal Tawarkan Rp 4,5 Triliun untuk Messi

Nilai fantastis tersebut diperkirakan akan sulit ditolak oleh pemain manapun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Argentina Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo dari Portugal.
Foto: EPA-EFE/VALERIANO DI DOMENICO
Pemain Argentina Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo dari Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Setelah Cristiano Ronaldo bergabung ke Al Nassr, kini rumor berkembang di Arab Saudi bahwa Lionel Messi diincar oleh rival Al Nassr, Al Hilal. Al Hilal dikabarkan siap mengajukan tawaran tak kurang dari 300 juta dolar AS atau setara sekitar Rp 4,58 triliun per tahun.

Angka tersebut di atas gaji Ronaldo satu tahun yaitu Rp 3,3 triliun. Nilai fantastis tersebut diperkirakan akan sulit ditolak oleh pemain manapun meskipun harus dilihat apakah Messi bersedia pindah ke negara dengan budaya berbeda serta iklim yang panas.

Baca Juga

Liga Arab Saudi yang paling banyak diikuti dan dihargai karena persaingan yang ketat antarklub dan levelnya terutama tim yang berbasis di Riyadh dan Jeddah.

Di ibu kota, ada persaingan dua tim utama yakni Al Hilal dan Al Nassr dan ini dianggap seperti el Clasico. Di Arab Saudi pertemuan keduanya disebut ‘The Riyadh Derby’. Itu sebabnya, Al Hilal ingin mendatangkan Messi karena tak ingin kalah saing dengan Al Nassr.

Dilansir dari Mundo Deportivo, Kamis (12/1/2022), Al Hilal ingin mengontrak Messi sesegera mungkin. Al Hilal rela melakukan apapun untuk meyakinkan La Pulga merapat ke Al Hilal.

Al Hilal ingin Messi menjadi bagian timnya ketika bermain di Piala Dunia Antar Klub tahun ini yang akan digelar pada 1 hingga 11 Februari 2023 di Rabat dan Tangier. Itu sebabnya Al Hilal bersedia menawar lebih dari 300 juta dolar AS per musim.

Jika Messi bersedia meninggalkan PSG sekarang, Al Hilal juga harus bernegosiasi dengan Paris Saint-Germain (PSG) tempat Messi bermain saat ini. Kontrak Messi akan berakhir pada 30 Juni di PSG. Jadwal PSG mengunjungi Riyadh pekan depan untuk melakoni laga persahabatan melawan tim antara Al Nassr dan Al Hilal dapat dimanfaatkan oleh mereka untuk negoisasi.

Namun harus menyadari bahwa pemilik PSG saat ini adalah orang Qatar yang merupakan negara pesaing Arab Saudi. Perlu dilihat apakah mereka bersedia melepas Messi sebelum kontraknya habis dan terlebih mereka bertujuan mempromosikan liga yang menjadi pesaing Qatar di Liga Champions Asia.

Messi punya potensi bergabung ke klub Arab Saudi mengingat dia adalah duta pariwisata Arab Saudi. Messi terlihat untuk pertama kalinya menjalankan tugasnya sebagai duta pariwisata Saudi dengan perjalanan pertamanya ke Jeddah pada Mei 2022.

"Ini bukan kunjungan pertamanya ke kerajaan dan ini bukan yang terakhir," kata Ahmed al-Khateeb, Menteri Pariwisata Arab Saudi, di media sosial, menyambut Messi di Bandara Internasional King Abdulaziz.

Messi juga mempromosikan Pariwisata Arab Saudi di media sosialnya dengan mengunggah foto dirinya di kapal pesiar sambil menyaksikan matahari terbenam.

“Menemukan Laut Merah #VisitSaudi”, dia memposting di Instagram dengan 'tagar kolaborasi berbayar' di sebelah kantor pariwisata. Selain itu, dia bersama Putri Haifa Al-Saud, Wakil Menteri Pariwisata, berjalan-jalan di Jeddah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement