Ahad 15 Jan 2023 21:12 WIB

Lazio Berhasil Curi Tiga Poin dari Markas Sassuolo

Lazio kini memangkas jarak poin dengan Inter Milan di peringkat keempat klasemen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Lazio merayakan gol ke gawang Sassuolo dalam lanjutan Serie A Liga Italia, Ahad (15/1/2023) malam WIB.
Foto: EPA-EFE/SERENA CAMPANINI
Para pemain Lazio merayakan gol ke gawang Sassuolo dalam lanjutan Serie A Liga Italia, Ahad (15/1/2023) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SASSUOLO -- Lazio sukses membawa pulang tiga angka dalam lawatan ke markas Sassuolo, Stadion Mappei, pada giornata ke-18 Serie A Liga Italia, Ahad (15/1/2023). Dua gol yang masing-masing dicetak oleh Mattia Zacagni dan Felipe Anderson memastikan kemenangan Lazio, 2-0, atas Sassuolo.

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Lazio memangkas jarak poin dengan Inter Milan di peringkat keempat. Berada di peringkat kelima dengan koleksi 34 poin dari 18 laga, I Biancoceleste hanya terpaut tiga poin dari I Nerazzurri.

Baca Juga

Sementara buat Sassuolo, kegagalan memetik poin di laga ini membuat tim besutan Alessio Dionisi itu terpaku di peringkat ke-16 dengan raihan 16 poin dari 18 partai.

Datang ke markas Sassuolo, Stadion Mapei, Lazio malah harus kehilangan salah satu andalan di lini serang. Ciro Immobile harus ditarik keluar saat laga baru menginjak menit ke-14. Penyerang asal Italia itu diduga mengalami cedera paha. Pelatih Lazio, Maurizio Sarri, kemudian memasukkan Pedro sebagai pengganti Immobile.

Dengan masuknya gelandang serang asal Spanyol tersebut, posisi Immobile sebagai ujung tombak serangan I Biancoceleste di laga ini diambil alih oleh Felipe Anderson. Kehilangan Immobile membuat permainan Lazio sedikit mengalami perubahan.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Sassuolo dengan mengendalikan permainan. Unggul tipis dalam hal penguasaan bola, I Neroverdi terus berusaha membongkar pertahanan tim tamu. Kendati begitu, gol pertama di laga ini justru menjadi milik Lazio.

Wasit menunjuk titik putih pada menit terakhir masa injury time. Wasit, usai melakukan review VAR, memutuskan memberikan hadian penalti buat Lazio. Pasalnya, salah satu pemain bertahan Sassuolo kedapatan melakukan handball. Mattia Zacagni dipilih untuk menjadi eksekutor tendangan penalti tersebut.

Gelandang serang asal Italia itu dengan tenang mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Sassuolo. Bola sepakan Zacagni itu gagal dijangkau oleh penjaga gawang Sassuolo, Gianluca Pegolo. Gol itu sekaligus menjadi penutup babak pertama laga ini.

Mampu unggul pada pengujung babak pertama, Lazio tampil lebih menyakinkan pada babak kedua. Secara perlahan, I Biancoceleste bisa meredam permainan tim tuan rumah. Lazio bahkan sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-65.

Pedro menyambut umpan dari sisi kiri pertahanan dengan tendangan first time dari dalam kotak penalti. Namun, sepakan mantan winger Barcelona itu hanya melebar di sebelah kiri gawang Sassuolo.

I Neroverdi bukan tanpa peluang. Pada menit ke-80, Martin Erlic sempat melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Kendati begitu, bola hasil sepakan bek tengah asal Kroasia itu masih mampu diblok oleh barisan pemain bertahan Lazio.

Raihan tiga poin di laga ini akhirnya menjadi milik tim tuan rumah. Felipe Anderson berhasil merebut bola dari salah satu bek tengah Sassuolo, Ruan Trassoldi. Aksi Anderson ini kemudian diikuti dengan keberhasilean melewati Pegolo.

Dengan mudah, Anderson melepaskan tendangan dan mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong. Gol pada menit ke-93 ini menjadi gol terakhir di laga ini sekaligus memastikan kemenangan I Biancoceleste atas I Neroverdi.

 

Susunan Pemain:

Sassuolo (4-2-3-1)

Pelatih: Alessio Dionisi

Kiper: Pegolo

Belakang: Toljan, Erlic, Ruan, Rogerio

Tengah: Frattesi, Obiang; Berardi, Traore, Lauriente

Depan: Martinez

Lazio (4-1-4-1)

Pelatih: Maurizio Sarri

Kiper: Provedel

Belakang: Marusic, Romagnoli, Casale, Hysaj

Tengah: Cataldi; Zacagni, Alberto, Milinkovic-Savic, Anderson

Depan: Immobile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement