Senin 16 Jan 2023 17:58 WIB

Ini Pesan Ketua Umum PBSI kepada Penghuni Baru Pelatnas Cipayung

Agung berpesan agar para atlet terus meningkatkan performa dan semangat .

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna.
Foto: Humas PBSI Jabar
Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah pekan lalu dipanggil melalui Surat Keputusan PP PBSI nomor SKEP/002/1.3/I/2023 perihal promosi, degradasi, dan kategori atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) tahun 2023 dan SKEP/003/1.3/I/2023 perihal pengangkatan pelatih, asisten pelatih, dan pelatih fisik, para atlet dan pelatih mulai berdatangan ke Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Para atlet dan pelatih ini pun disambut dengan acara sederhana yang dihadiri langsung Ketua Umum Agung Firman Sampurna di Ruang Serbaguna Pelatnas PBSI, Senin (16/1/2023), sebagai ucapan selamat datang dan pengarahan awal. Di antara mereka yang sebagian besar adalah penghuni lama, terdapat satu pelatih dan 18 atlet baru yang mendapat promosi melalui jalur seleksi nasional dan jalur pemantauan prestasi.

Baca Juga

Di acara ini, Agung ditemani Ketua Harian Alex Tirta dan Wakil Sekretaris Jenderal Edi Sukarno. Hadir pula beberapa pengurus harian PP PBSI, seperti Kabid Sarana dan prasarana Johnson AH Rantung, Kabid Turnamen dan Perwasitan Mimi Irawan, hingga Kasubid Pengembangan Prestasi Daerah Ricky Soebagdja.

Dalam sambutannya, Agung mengucapkan selamat datang ke Pelatnas PBSI Cipayung kepada semua atlet dan pelatih. Baik baru maupun lama. Ia berharap ukiran prestasi dapat terus dipertahankan tahun ini maupun tahun-tahun yang akan datang.

"Pada saat kita bicara tentang pelatnas, kita bicara tentang tradisi. Bulu tangkis Indonesia itu punya tradisi panjang yaitu menempatkan kita sebagai satu-satunya cabang olahraga di mana pengelolaannya menggunakan pendekatan pelatnas sepanjang tahun. Jadi ketika teman-teman sudah masuk di pelatnas berarti teman-teman sudah memilih karier sebagai atlet bulu tangkis profesional," kata Agung dalam rilis PBSI.

Agung berpesan agar para atlet terus meningkatkan performa dan semangat selama mengikuti pemusatan latihan nasional.

"Masuk ke pelatnas adalah kebanggaan sekaligus kehormatan, dan kehormatan juga bagi kami untuk bekerja sama dengan teman-teman semua. Tetapi teman-teman akan menapaki jalan yang tak mudah bahkan sejak proses masuk ke sini harus melewati seleksi nasional yang begitu ketat dan sebagainya," ungkap Agung. "Jadi teman-teman harus menyiapkan diri supaya stamina dan teknik juga khususnya mental siap untuk bertanding dan siap untuk menang. Ini kesempatan untuk menjadi wakil Indonesia, menjaga bahkan mengangkat martabat dan marwah bangsa lewat bulu tangkis."

Jason Christ Alexander, atlet tunggal putra yang mendapat promosi usai menjuarai seleksi nasional mengatakan sangat senang bisa masuk ke pelatnas. Ia langsung mengincar gelar juara bila diturunkan di turnamen nanti.

"Pastinya senang banget bisa masuk pelatnas tapi ini bukan akhir tapi awal untuk jenjang saya menjadi atlet dunia. Saya tidak sabar untuk memulai latihan dan ingin sekali latihan bersama Kak Jonatan (Christie) dan Kak (Anthony) Ginting," ucap Jason. "Harapannya saya mau juara di turnamen-turnamen yang saya ikuti nanti."

Senada dengan Jason, Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu juga mematok target tinggi di tahun pertamanya bergabung dengan skuad Cipayung. Atlet spesialis ganda campuran ini ingin mencapai ranking 100 dunia. "Harapan dan target maunya menembus peringkat 100 besar dunia," pungkas penggemar dari Liliyana Natsir ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement