Selasa 17 Jan 2023 16:24 WIB

Klopp Sebut Perekrutan Pemain Anyar Bukan Solusi Atasi Keterpurukan Liverpool

Inkonsistensi performa kembali mewarnai perjalanan Liverpool pada musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: AP/Jon Super
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengaku bertanggung jawab penuh atas keterpurukan yang tengah dihadapi the Reds. Solusi atas keterpurukan ini, kata Klopp, bukanlah perekrutan pemain anyar di bursa transfer, melainkan memaksimalkan kemampuan para penggawa the Reds.

Liverpool terus disebut-sebut bakal kembali mendatangkan pemain anyar usai resmi merekrut Cody Gakpo dari PSV Eindhoven, pertengahan bulan lalu. Perekrutan pemain, terutama di sektor gelandang, dinilai bisa menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki performa the Reds.

Baca Juga

Inkonsistensi performa kembali mewarnai perjalanan the Reds pada musim ini. Sempat memetik dua kemenangan beruntun, Liverpool malah tidak pernah menang dalam tiga laga terakhir di semua ajang. Terakhir, the Reds dipaksa mengakui keunggulan Brighton and Hove Albion, 3-0, pada pekan ke-20 Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu.

Klopp pun menegaskan, perekrutan pemain bukanlah solusi untuk bisa membawa Liverpool keluar dari periode buruk ini. Pelatih asal Jerman itu pun seolah mengirimkan sinyal soal rencana dan aktivitas klub asal Merseyside di bursa transfer pertengahan musim ini.

''Jika hal itu (mendatangkan pemain) bisa menjadi solusi dan bisa dilakukan, maka kami akan melakukannya. Namun, kami sudah memiliki pemain yang cukup. Mungkin, saat ini, tim ini tengah tampil kurang memuaskan. Saya harus bertanggung jawab. Itu fokus utama saya,'' ujar Klopp seperti dilansir ESPN, Selasa (17/1/2023).

Klopp pun menilai, saat ini the Reds sebenarnya sudah memiliki tim yang kompetitif. Kebutuhan untuk memperkuat tim via perekrutan pemain anyar akan selalu hadir. Namun, bursa transfer pertengahan musim ini bukanlah waktu yang tepat buat Liverpool untuk mendatangkan pemain.

''Kami sudah memiliki tim yang baik, meski semua pemain belum bisa diturunkan. Apakah skuad kami terlalu kecil? Mungkin. Apakah kami perlu mendatangkan pemain? Iya. Apakah saat ini waktu yang tepat? Saya rasa tidak, terutama dengan kondisi yang tengah kami hadapi,'' kata eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Badai cedera pemain kerap menjadi salah satu alasan yang membuat Liverpool gagal mempertahankan laju kemenangan pada musim ini. Di laga terakhir, the Reds diketahui tanpa diperkuat Luis Diaz, Diogo Jota, Darwin Nunez, Roberto Firmino, dan Virgil van Dijk.

Para pemain ini pun masih diragukan untuk bisa tampil kala Liverpool berduel dengan Wolverhampton Wanderers di partai ulangan putaran ketiga Piala FA, Rabu (24/1/2023) dini hari WIB. Klopp pun mengumbar janji soal perubahan di permainan the Reds, termasuk rotasi pemain, pasca-kekalahan mengejutkan dari Brighton.

''Tentu kami akan melakukan perubahan. Ini problem di atas lapangan dan harus diselesaikan di atas lapangan. Untuk bermain lebih baik dibanding laga terakhir, rasanya tidak terlalu sulit. Kami hanya perlu kembali ke dasar dan tampil lebih kompak,'' tegas Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement