Rabu 18 Jan 2023 11:51 WIB

Sir Jim Ratcliffe, Putra Tukang Kayu yang Ingin Beli Manchester United

Sir Jim Ratcliffe adalah orang terkaya di Inggris.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang ingin beli Manchester United.
Foto: EFE/THIERRY CARPICO
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang ingin beli Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kegagalan Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Chelsea pada tahun lalu tak menutup ambisinya memiliki salah satu tim besar Liga Primer Inggris. Orang terkaya di Inggris tersebut kini tengah berupaya mengakuisisi Manchester United (MU).

Daily Mail, Rabu (18/1/2023) melaporkan bahwa miliarder berusia 70 tahun itu akan mengajukan tawaran untuk klub tersukses Inggris setelah tersiar kabar tentang kemungkinan keluarnya keluarga Glazer dari Stadion Old Trafford.

Baca Juga

Ratcliffe muncul sebagai kandidat potensial pertama untuk mengambil alih MU untuk meraih kunci masuk ke 'Theater of Dream'. Ia juga merupakan sosok yang menyukai dunia olahraga dengan telah memiliki dua klub lain OGC Nice serta FC Lausanne-Sport.

Pemilik perusahaan kimia multinasional Ineos yang didirikan sejak 1998 menunjukkan keinginan besarnya membeli pemilik 20 titel Liga Primer Inggris, usai gagal mengakuisisi Chelsea pada Mei 2022 lalu.

Sementara duet maut keluarga Glazer, Avram dan Joel mengumumkan rencana melepas MU pada November dan diyakini apabila mereka menginginkan harga penebusan sebesar 5 miliar pounds.

Jim Ratcliffe merupakan putra seorang tukang kayu yang lahir di Oldham pada tahun 1952. Seorang juru bicara Ineos mengisyaratkan keinginan sang bos untuk membeli MU dimotivasi oleh cintanya sebagai seorang suporter Setan Merah, bukan hanya karena keuangan.

Ratcliffe telah digembar-gemborkan sebagai orang terkaya di Inggris. Pada 2022, Daftar Miliarder Forbes menilai kekayaannya bersih sekitar 13,3 miliar dollar AS alias sekitar Rp207 triliun.

Sebagian besar kekayaan Sir Jim terikat dengan Ineos, perusahaan kimia, yang dua pertiganya masih ia miliki. Jika ia membeli Manchester United, kekayaan bersih Radcliffe akan menjadikannya pemilik terkaya kedua di Liga Primer, di belakang Public Investment Fund of Saudi Arabia, yang memiliki Newcastle United.

Pria yang mendukung...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement