Rabu 18 Jan 2023 11:51 WIB

Sir Jim Ratcliffe, Putra Tukang Kayu yang Ingin Beli Manchester United

Sir Jim Ratcliffe adalah orang terkaya di Inggris.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang ingin beli Manchester United.
Foto:

Pria yang mendukung Brexit juga sempat dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Inggris untuk layanan bisnis dan investasinya pada 2018. Berbagai perkiraan telah dibuat mengenai kekayaan Ratcliffe. Namun, tak terbantahkan bahwa angkanya mencapai miliaran.

Figur yang baru memulai bisnis pertamanya pada usia 39 tahun itu merupakan pemilik waralaba bersepeda Team Sky, sebelum mengubah namanya menjadi Team Ineos pada 2019 lalu. Pun, juga menjadi sponsor jangka panjang dengan tim rugby Selandia Baru.

Praktis pendukung MU begitu antusias bila tim terincat benar-benar diambil alih oleh Ratcliffe, sosok yang benar-benar antusias terhadap olahraga. Berbanding terbalik dengan keluarga Glazer yang memang terlihat apatis dengan kondisi MU di papan klasemen.

Bukti apabila Ratcliffe merupakan penggemar sepak bola dan MU adalah ketika ia mengkritisi kebijakan manajemen klub yang buruk dan terkesan menghabiskan banyak uang hanya demi mendatangkan pemain seperti Fred.

"Berapa banyak yang dibayar Abramovich untuk Chelsea, 100 juta pounds? Keluarga Glazer 500 juta pounds? Bisa dibilang nilainya tiga, empat miliar tapi tidak ada yang pernah membayar jumlah itu," kata Ratcliffe.

"Ineos selalu berusaha mengambil pendekatan yang masuk akal. Kami tidak suka menghambur-hamburkan uang atau kami tidak akan berada di tempat kami hari ini. Itu adalah bagian dari DNA kami, mencoba membelanjakan dengan bijaksana."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement