Senin 23 Jan 2023 17:13 WIB

Pakar: Penjualan Chelsea Dorong Keluarga Glazer Lepas Manchester United

Keluarga Glazer tengah mencari pembeli saham mayoritas Manchester United.

Para pemain Manchester United (ilustrasi)
Foto:

Penilaian klub sebagai perusahaan publik memuncak pada 4,3 miliar dolar AS pada tahun 2018 tetapi Joyce mengatakan pemilik baru dapat memanfaatkan basis penggemar global untuk meningkatkan pendapatan komersial sebesar 200 juta dolar AS dan menambahkan 1-2 miliar dolar AS ke penilaian sebenarnya.

"Jika Anda melihat United sebagai investasi jangka menengah, saya rasa tidak ada risiko besar terhadap valuasi mereka hari ini," tambahnya. "Jika ada, Anda bisa berargumen bahwa mereka berpotensi diremehkan jika Anda melihat angka 5 miliar dolar AS."

Kesepakatan Chelsea melibatkan pemilik baru membayar 3,10 miliar dolar AS untuk membeli saham sambil melakukan investasi tambahan untuk berinvestasi di klub, khususnya stadion.

Tim Bridge, mitra utama di Grup Bisnis Olahraga Deloitte, mengatakan United tetap menjadi aset yang signifikan tetapi membutuhkan banyak investasi untuk kembali ke puncak piramida, dimulai dengan stadion Old Trafford mereka.

Stadion klub terbesar di Inggris menampung sekitar 75.000 penggemar tetapi dianggap sebagai peninggalan dibandingkan dengan arena Eropa modern. Laporan media menyarankan biaya satu hingga dua miliar pound untuk merenovasi.

"Dibandingkan dengan klub-klub terkemuka lainnya, investasi ke dalam proyek modal seperti stadion, tempat latihan di Carrington dan investasi lanjutan ke dalam skuat sangat signifikan," kata Bridge.

"Kemungkinan ada kebutuhan bagi setiap investor baru untuk mempertimbangkan hal ini di United di masa mendatang. Jadi, mungkin saja keluarga Glazer merasa inilah waktu yang tepat (untuk menjual)."

United telah kembali ke empat besar di bawah manajer baru Erik ten Hag untuk memberi para penggemar harapan baru untuk bersaing dalam perburuan gelar untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Tapi Bridge mengatakan kebangkitan mereka tidak akan membantu keluarga Glazer menaikkan harga.

"Setiap investor yang kredibel akan melihat gambaran jangka panjang daripada optik jangka pendek," tambahnya.

"Jika mereka maju dan lolos ke Liga Champions, maka itu memberikan peningkatan pendapatan yang signifikan dan merupakan sesuatu yang akan terus diwaspadai oleh investor."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement