Jumat 27 Jan 2023 05:16 WIB

Ternyata Air Zamzam Jadi Rahasia Cristiano Ronaldo Bugar Selama Ini?

Rekam medis Ronaldo menunjukkan ia memiliki kebugaran pria berusia 20 tahunan.

 Cristiano Ronaldo berselebrasi setelah mencetak gol kedua timnya bermain untuk XI gabungan tim Arab Saudi Al Nassr dan PSG selama pertandingan sepak bola persahabatan, di Stadion Universitas King Saud, di Riyadh, Arab Saudi, Jumat, (20/1/2023) dini hari.
Foto: AP Photo/Hussein Malla
Cristiano Ronaldo berselebrasi setelah mencetak gol kedua timnya bermain untuk XI gabungan tim Arab Saudi Al Nassr dan PSG selama pertandingan sepak bola persahabatan, di Stadion Universitas King Saud, di Riyadh, Arab Saudi, Jumat, (20/1/2023) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kebugaran Cristiano Ronaldo, pesepak bola elite dunia yang bulan depan berusia 38 tahun itu memang telah lama dipuji banyak orang. Meski hampir berusia kepala empat, pemain asal Portugal itu masih terlihat segar baik di dalam maupun di luar lapangan.

Ragam pertanyaan pun muncul, bagaimana cara CR7 menjaga tubuhnya tetap awet muda? Baru-baru ini, salah satu rahasia Ronaldo dalam menjaga kebugarannya terungkap. Yakni, mengonsumsi air Zamzam.

Baca Juga

Publik dibuat antusias kala melihat video Ronaldo meminum air Zamzam langsung di Arab Saudi. Ditengarai, ekspresi Ronaldo dalam video tersebut yang langsung bersedia meminum air Zamzam adalah buah dari kebiasaannya. 

Mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu diyakini memang kerap meminum air Zamzam untuk menjaga tubuhnya tetap fit. Sehingga, bisa berkarier di puncak penampilan selama hampir dua dekade lamanya.

Dikabarkan, Ronaldo mengunjungi salah satu pejabat tinggi Arab Saudi, yang mana pada kesempatan itu dia ditawari air Zamzam. Foto dan video kunjungan itu kini viral beredar di media sosial.

photo
Tangkapan layar pemain sepak bola Cristiano Ronaldo meminum air zamzam. - (The Kashmir Monitor)
Terkait performa bugarnya sosok antialkohol itu, jika melihat rekam medis Ronaldo pada 2018 silam, hasil tes menunjukkan kondisi fisiknya masih sangat bagus di usianya yang sudah mencapai 33 tahun. Saat itu, Ronaldo yang hendak bergabung dengan Juventus memiliki kondisi fisik yang setara dengan orang berusia 20 tahunan. 

Catatan rekam medis Ronaldo saat itu menunjukkan hasil 13 tahun lebih muda dibandingkan pria seusianya. Bukan hanya itu, menurut laporan, lemak tubuh Ronaldo hanya mendekati angka 7 persen, berbeda jauh dibandingkan rata-rata pemain bola yang mempunyau persentase di kisaran 10 persen.

Kini, Ronaldo memperkuat klub kaya raya Arab Saudi di Liga Pro, Al Nassr. Cristiano Ronaldo akhirnya tampil debut bersama Al Nassr ketika melawan Al Ettifaq di Liga Pro Saudi setelah tertunda karena skorsing dua pertandingan oleh FA karena membanting ponsel penggemar April lalu. Ronaldo yang didapuk sebagai kapten sukses membawa Al Nassr menang 1-0 berkat gol Anderson Talisca, di Stadion King Saud Universty, Senin (23/1/2023) dini hari WIB.

Mantan bintang Manchester United dan Real Madrid itu menulis kesan pertamanya tampil di laga kompetitif bersama Al Nassr di media sosial pribadinya. Ia tampak menunjukkan perasaan gembiranya atas debutnya.

photo
Cristiano Ronaldo berebut bola pada pertandingan Liga Pro Saudi antara Al Ettifaq FC dan Al Nassr FC di Stadion Mrsool Park, di Riyadh, Arab Saudi, Senin (23/1/2023) dini hari WIB. - (AP Photo)
“Gim pertama, menang pertama selamat teman-teman. Terima kasih kepada semua penggemar untuk dukungan yang luar biasa,” tulis Ronaldo di Instagram.

Baca juga : Kaki Dingin Bisa Jadi Indikasi Masalah Kesehatan Ini

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement