Rabu 08 Feb 2023 22:00 WIB

Indra Sjafri: Marselino Seharusnya Kabari PSSI Soal Berkarier di Belgia

Marselino adalah salah satu pemain utama di skuad timnas U-20 Indonesia.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri saat menghadiri latihan timnas U-20 Indonesia di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri saat menghadiri latihan timnas U-20 Indonesia di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, pemain timnas U-20 Indonesia Marselino Ferdinan seharusnya mengabari PSSI saat memutuskan untuk melanjutkan karier di klub Liga 2 Belgia KMSK Deinze. Lantaran masih berada di Belgia, Marselino pun belum bergabung dengan timnas U-20 Indonesia yang mulai menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan Piala Asia U-20 2023 di Jakarta sejak 1 Februari.

"Meski tidak ada kewajiban untuk itu, idealnya dia memberi tahu ke PSSI," ujar Indra di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Menurut pria asal Sumatra Barat itu, informasi dari Marselino penting karena pemain berusia 18 tahun tersebut masih berstatus sebagai pemain timnas U-20 Indonesia yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Belum hadirnya Marselino yang merupakan gelandang andalan timnas U-20 membuat pelatih timnas U-20 Shin Tae-yong gusar. Hal itu dikarenakan Shin sudah menyiapkan taktik dan program yang menempatkan Marselino sebagai salah satu pemain utama di skuad berjuluk Garuda Nusantara.

Adapun Indra Sjafri menyayangkan keputusan Marselino untuk berkarier di Belgia sebelum Piala Dunia U-20 2023.

"Menurut saya pribadi, dia seharusnya tampil dulu di Piala Dunia U-20 karena ada ratusan pencari bakat yang memantau turnamen itu. Kalau dia bermain bagus di sana, mungkin pilihan klub di Eropa akan lebih banyak," ujar pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu.

Bukan cuma Marselino, pemain reguler lain di timnas U-20 Ronaldo Kwateh juga belum hadir di TC timnas U-20 di Jakarta. Ronaldo diketahui berada di Turki untuk menjajaki peluang merumput di salah satu klub negara tersebut. Sama seperti Marselino, Ronaldo pun tidak menginformasikan soal kepergiannya ke Turki kepada PSSI.

Situasi Marselino dan Ronaldo membuat Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengingatkan para pemain timnas U-20 untuk sementara menahan hasrat berkarier di luar negara sampai Piala Dunia U-20 2023 selesai.

"Saya menyampaikan kepada anak-anak untuk sabar dahulu kalau mau bermain di luar negeri. Nanti, dengan mereka tampil baik di Piala Dunia U-20 2023, klub luar negeri akan mengambil mereka. Itu yang saya harapkan," kata Iriawan.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement