Kamis 09 Feb 2023 20:55 WIB

Menpora Ingin Undang Timnas Argentina U-20 dan Portugal U-20 di Turnamen Mini

Turnamen mini itu rencananya akan digelar sebelum Piala Asia U-20 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara hitung mundur 100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/2/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam acara hitung mundur 100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berencana mengundang timnas Argentina U-20 dan Portugal U-20 untuk ikut serta dalam turnamen mini melawan Indonesia U-20 dalam persiapan menjelang Piala Dunia U-20 2023. Turnamen mini itu rencananya akan digelar sebelum Piala Asia U-20 2023.

Indonesia U-20 sedang menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta sejak 1 Februari 2023. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menginginkan adanya turnamen mini yang melibatkan empat negara peserta sebagai laga persahabatan. Sebelumnya, Shin mengatakan negara-negara yang akan diundang adalah Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

Baca Juga

Turnamen mini antara empat kesebelasan itu dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 17, 19, dan 22 Februari 2023. "Kami menyiapkan turnamen mini. Beberapa negara telah kami hubungi. Mudah-mudahan bisa," kata Zainudin kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

"Mimpi saya, sudah saya beritahu ke Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, belum tahu apakah coach Shin Tae-yong setuju atau tidak, bahwa kami ingin mengambil lawan-lawan yang kuat supaya anak-anak mendapatkan amtosfer yang bagus," katanya. 

Amali mengungkapkan, salah satu keinginannya adalah memberikan lawan yang kuat bagi Zanadin Fariz dkk. Menurutnya, akan lebih baik jika timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 mempunyai pengalaman bermain dengan lawan yang levelnya jauh di atas mereka.

"Saya sih maunya mengundang Argentina. Mereka kan tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Kami suruh main saja melawan Timnas U-20," katanya. "

Amali juga mengaku telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Portugal di Jakarta dan diharapkan dapat diteruskan kepada Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) agar bersedia menjajal kekuatan timnas U-20. 

"Semalam, saya sudah berkomunikasi dengan Dubes Portugal. Saya bilang tolong komunikasikan ke FPF," kata Amali.

"Portugal tidak lolos ke Piala Dunia U-20, kita undang sekalian ke sini. Misalnya Argentina bersedia bermain di turnamen mini, akan bagus buat kita. Ini cita-cita dan mimpi. Mudah-mudahan atas dukungan kita semua bisa terwujud. Timnas Indonesia U-20 bisa mendapatkan lawan yang bagus sekaligus persiapan ke Piala Dunia U-20," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement