Kamis 09 Feb 2023 20:59 WIB

Guardiola Diklaim Rela Melepas Haaland jika Bisa Datangkan Harry Kane

Haaland dinilai masih punya cela, terutama dalam keterlibatan pada pola permainan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City, Erling Haaland.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Striker Manchester City, Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dilaporkan siap memberikan restu kepada manajemen klub untuk melepas Erling Haaland. Namun, sebagai ganti penyerang asal Norwegia tersebut, manajemen the Citizens mesti bisa mendatangkan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Haaland resmi direkrut Man City dari Borussia Dortmund dengan banderol transfer dikabarkan mencapai 51 juta poundsterling pada awal musim ini. Penyerang berusia 22 tahun itu pun langsung tampil impresif pada musim debutnya membela juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

Baca Juga

Haaland tercatat sudah mengemas 31 gol dari 28 penampilan di semua ajang pada musim ini, termasuk dengan torehan 25 gol dari 20 laga di pentas Liga Primer Inggris. Kendati bisa memberikan kontribusi besar dalam torehan gol buat Man City, Haaland dinilai masih memiliki cela, terutama dalam keterlibatan pada pola permainan the Citizens.

Kemampuan utama Haaland adalah menyelesaikan serangan dan kerap beroperasi di dalam kotak penalti lawan. Menahan permainan guna mengatur tempo dan terlibat dalam bangunan serangan tim dinilai bukanlah kemampuan terbaik eks penyerang Molde tersebut.

''Ini dapat menjadi problem buat Guardiola yang cenderung menyukai timnya tampil sebagai satu kesatuan saat melakukan serangan. Selain itu, Guardiola juga kesulitan untuk bekerja sama dengan Haaland,'' tulis laporan Diario Gol seperti dilansir Sports Keeda, Kamis (9/2/2023).

Meski sama-sama menempati posisi sebagai penyerang tengah, Kane memiliki karakteristik permainan yang berbeda dibanding Haaland. Penyerang asal Inggris itu dinilai bisa terlibat secara langsung dalam bangunan serangan dan mampu mengambil posisi yang tepat. Bahkan, Kane juga dikenal mampu menyediakan assist buat rekan setimnya.

Kemampuan ini dilengkapi Kane dengan ketajaman di wilayah pertahanan lawan. Kane dianggap sebagai penyerang dengan paket yang lebih lengkap dibanding Haaland. ''Untuk itu, Guardiola siap melepas Haaland, apabila manajemen Man City bisa mendapatkan Harry Kane,'' lanjut laporan Diario Gol tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Man City disebut-sebut berminat mendatangkan Kane. Pada awal musim lalu, the Citizens disebut-sebut berusaha keras untuk bisa memboyong kapten timnas Inggris tersebut. Namun, meski Kane dikabarkan berharap bisa meninggalkan the Lilywhites, Spurs berhasil membujuknya untuk tetap bertahan di klub asal London Utara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement