Jumat 10 Feb 2023 19:56 WIB

Jordi Alba Ungkap Arti Penting Kesuksesan Raihan Gelar Juara Piala Super Spanyol

Raihan Piala Super Spanyol menjadi salah titik balik penampilan Barcelona musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek kiri Barcelona, Jordi Alba.
Foto: AP/Petr David Josek
Bek kiri Barcelona, Jordi Alba.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona gagal meraih satu pun gelar juara pada musim lalu. Kekecewaan ini langsung dibayar Blaugrana dengan keberhasilan merengkuh gelar juara Piala Super Spanyol musim ini, pertengahan bulan lalu.

Titel Piala Super Spanyol tersebut sekaligus menjadi trofi pertama Blaugrana pada musim ini. Di partai final Piala Super Spanyol yang digelar di Stadion Internasional King Fahd, Riyadh, Arab Saudi, tersebut, Barcelona sukses membungkam seteru sengitnya, Real Madrid, 3-1. Tidak hanya soal membayar kekecewaan pada musim lalu, raihan gelar juara Piala Super Spanyol itu juga menjadi pelipur lara kegagalan Blaugrana bertahan di pentas Liga Champions musim ini.

Baca Juga

Bek sayap Barcelona, Jordi Alba, mengakui, raihan Piala Super Spanyol tersebut menjadi salah titik balik penampilan Blaugrana. Keberhasilan meraih titel Piala Super Spanyol, ujar Alba, telah mendongkrak kepercayaan diri para penggawa Blaugrana untuk kembali menambah koleksi gelar juara pada sisa musim ini.

''Itu (raihan Piala Super Spanyol) menjadi titik balik. Terlebih, kami menghadapi salah satu rival (Real Madrid). Hal itu kian menambah motivasi kami. Kemenangan itu meningatkan kepercayaan diri para pemain, terutama para pemain muda. Kini, kami bisa kembali bersaing,'' ujar Alba dalam wawancara dengan Marca, Jumat (10/2/2023).

Pasca-kesuksesan di pentas Piala Super Spanyol, Barcelona memang terus mampu menjaga tren positif raihan hasil. Tim besutan Xavi Hernandez selalu meraih kemenangan di enam laga terakhir di semua ajang, termasuk kemenangan beruntun di tiga laga terakhir di pentas La Liga Spanyol.

Tidak pernah absen memetik poin penuh di kancah La Liga, Blaugrana pun terus memimpin persaingan perebutan gelar juara Liga Spanyol. Klub asal Katalan itu sudah mengantongi keunggulan delapan poin atas juara bertahan, Real Madrid, yang masih tertahan di peringkat kedua klasemen sementara.

Alba, yang telah mempersembahkan lima gelar juara La Liga buat Blaugrana, menilai, keunggulan delapan poin dapat menjadi modal besar buat Barcelona untuk bisa meraih titel La Liga musim ini. Namun, bek kiri berusia 33 tahun itu tetap mewaspadai kejutan yang bisa terjadi di sisa La Liga musim ini.

''Meski tengah memimpin kompetisi ini, kami tidak bisa lengah dan santai. Madrid tentu akan terus berusaha untuk bisa bersaing hingga akhir, dan hal itu tidak akan mudah. Sebagai contoh, di laga pada akhir pekan ini, kami akan menghadapi lawan yang berat, Villarreal,'' ujar Alba.

Mantan bek sayap Valencia itu merujuk pada lawan yang akan dihadapi Blaugrana di laga selanjutnya, tepatnya pada jornada ke-21 La Liga. Blaugrana dijadwalkan melawat ke markas Villarreal, Senin (13/2/2023) dini hari WIB. Saat ini, Villarreal menempati peringkat keenam klasemen sementara La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement