Ahad 12 Feb 2023 15:26 WIB

Valverde Borong Dua Gol Vs Al Hilal, Ancelotti Urung Robek Surat Lisensi Kepelatihan

Kisah unik ini bermula saat Valverde memulai musim dengan percaya diri.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Real Madrid Federico Valverde menunjukkan penghargaannya saat upacara penganugerahan final Piala Dunia Klub FIFA di stadion Prince Moulay Abdellah di Rabat, Maroko, Ahad (12/2/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain Real Madrid Federico Valverde menunjukkan penghargaannya saat upacara penganugerahan final Piala Dunia Klub FIFA di stadion Prince Moulay Abdellah di Rabat, Maroko, Ahad (12/2/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, agaknya bisa lebih tenang melakoni sisa musim ini. Pelatih asal Italia itu tidak perlu lagi khawatir dengan keharusan memenuhi janjinya untuk merobek surat lisensi kepelatihannya pada akhir musim ini. 

Pada September silam, eks pelatih Everton itu mengumbar janji soal kemungkinan merobek surat lisensinya sebagai pelatih apabila Federico Valverde tidak bisa mencetak setidaknya 10 gol pada musim ini. Saat itu, Ancelotti begitu yakin, gelandang Los Blancos itu bisa menutup musim ini dengan koleksi gol minimal 10 gol.

Baca Juga

''Satu hal yang cukup aneh buat saya, dia (Valverde) hanya mencetak satu gol pada musim lalu. Saya berkata padanya, apabila dia tidak bisa mencetak lebih dari 10 gol, maka saya akan merobek surat lisensi kepelatihan. Dia memiliki kemampuan itu,'' kata Ancelotti pasca keberhasilan Madrid membungkam RB Leipzig di penyisihan Grup Liga Champions, September silam.

Penilaian eks pelatih AC Milan itu soal kemampuan Valverde itu pun terbukti, bahkan saat kompetisi musim ini masih lima bulan lagi. Gelandang asal Uruguay itu memastikan menambah koleksi golnya pada musim ini saat mengantarkan Real Madrid merengkuh titel Piala Dunia Antar Klub 2022 usai membungkam Al Hilal, 5-3, di partai final, Ahad (12/2/2023) dini hari WIB.

Dalam laga di Stadion Prince Moulay Abdellah, Rabat, Maroko, tersebut, Valverde mencetak dua gol ke gawang Al Hilal, tepatnya pada menit ke-18 dan menit ke-58. Dengan tambahan dua gol tersebut, gelandang berusia 24 tahun itu tercatat sudah mengemas 11 gol dari 33 penampilan di semua ajang.

''Saya sangat senang. Dengan begitu, saya tidak perlu merobek surat lisensi kepelatihan saya. Dia sempat mengalami periode buruk, tapi dia mampu bangkit. Dia memberikan kontribusi di berbagai aspek dalam permainan tim. Dengan energinya, dan Vinicius Junior di sisi kiri, kami benar-benar bisa memberikan ancaman di lini serang,'' ujar Ancelotti seperti dilansir laman resmi klub.

Gagal membawa Uruguay tampil apik di Piala Dunia 2022, Valverde sempat kesulitan menemukan performa terbaiknya pada awal tahun ini. Namun, begitu tampil di Piala Dunia Antar Klub, Valverde seolah mulai menemukan performa terbaik dengan menyumbahkan tiga gol dari dua laga.

Kendati berposisi asli sebagai gelandang tengah, Valverde memang mendapatkan tugas baru di tim inti Los Blancos pada musim ini. Ancelotti menggeser posisinya menjadi winger kanan. Valverde pun sepertinya tidak mengalami kesulitan untuk melakoni peran barunya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement