Ahad 12 Feb 2023 15:42 WIB

Pelatih Brentford Balas Tudingan Arteta Soal Gol Timnya ke Gawang Arsenal

Gol itu berawal dari eksekusi tendangan bebas Brentford.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pemain Brentfords Ivan Toney (kedua dari kanan) melewatkan kesempatan untuk mencetak gol saat kiper Arsenal Aaron Ramsdale (berbaju kuning) melakukan penyelamatn untuk mendapatkan bola pada pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal  dan Brentford FC di London, Inggris, Sabtu (11/2/2023).
Foto: EPA-EFE/Daniel Hambury
Pemain Brentfords Ivan Toney (kedua dari kanan) melewatkan kesempatan untuk mencetak gol saat kiper Arsenal Aaron Ramsdale (berbaju kuning) melakukan penyelamatn untuk mendapatkan bola pada pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal dan Brentford FC di London, Inggris, Sabtu (11/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Brentford, Thomas Frank, berbagi pandangan yang sama dengan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, soal proses terjadinya gol The Bees pada pekan ke-23 Liga Primer Inggris, Sabtu (11/2/2023) malam WIB. Namun, berbeda dari Arteta, Frank menilai, gol itu tetap sebagai gol yang sah.

Arsenal harus rela kehilangan dua poin saat menjamu The Bees di laga tersebut. Menorehkan keunggulan pada menit ke-66 via gol Leandro Trossard, Arsenal harus puas menutup laga dengan skor imbang, 1-1. The Bees sukses mencetak gol balasan pada menit ke-74 via gol tandukan Ivan Toney.

Baca Juga

Namun, gol penyerang asal Inggris itu mengundang kontroversi tersendiri. Arteta menilai, gol itu tidak sah lantaran ada pemain Brentford yang berdiri dalam posisi offside pada awal proses terjadinya gol tersebut. Gol itu berawal dari eksekusi tendangan bebas Brentford.

Ethan Pinnock kedapatan berdiri dalam posisi offside saat tendangan bebas ini dieksekusi. Bola sempat bergerak liar di dalam kotak penalti Arsenal sebelum akhirnya mampu dimanfaatkan oleh Christian Norgaard. Bola tandukan Norgaard kemudian disambar Toney tempat di depan mulut gawang Arsenal.

Meski mengakui salah satu anak asuhnya berdiri dalam posis offside saat eksekusi tendangan bebas itu dilakukan, Frank menilai, gol Toney tersebut tetap sah. Pasalnya, pemain yang terjebat offside itu tidak mempengaruhi dan terlibat langsung dalam proses terjadinya gol itu.

''Saya setuju, Ethan sudah offside saat tendangan bebas itu dilakukan. Namun, sejauh yang saya pahami dalam aturan sepak bola, pertanyaan selanjutnya apakah dia mempengaruhi umpan tersebut? Mereka (wasit) memutuskan tidak cukup berpengaruh, dan saya setuju dengan keputusan itu,'' kata Frank seperti dikutip Sky Sports, Ahad (12/2/2023).

Saat bola melewati garis gawang Arsenal, Peter Bankes, yang memimpin laga tersebut, memang tidak langsung mengesahkan gol tersebut. Bankes mesti menunggu beberapa saat hasil tinjuan VAR atas gol tersebut. Akhirnya, berdasarkan tinjauan petugas VAR, Lee Mason, Bankes mengesahkan gol tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement