Ahad 12 Feb 2023 23:13 WIB

Menangi Derby The Roses, Manchester United Naik ke Posisi Kedua Klasemen Liga Inggris

Man United terpaut lima poin di belakang pemuncak klasemen, Arsenal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Marcus Rashford dari Manchester United usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (12/2/2023).
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Marcus Rashford dari Manchester United usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (12/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YORKSHIRE -- Manchester United (MU) sukses membawa pulang tiga poin usai mengalahkan tuan rumah Leeds United dengan skor 2-0 pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023 di Stadion Elland Road, Yorkshire, Ahad (12/2/2023) malam WIB. Setelah bermain imbang pada babak pertama, Iblis Merah baru bisa mencetak dua gol kemenangan melalui Marcus Rashford menit ke-80 dan Alejandro Garnacho menit ke-85.

Hasil ini sementara membuat pasukan besutan Erik ten Hag naik ke posisi kedua klasemen menggusur rival sekota Manchester City dengan koleksi 46 poin dari 23 pertandingan. Perolehan Iblis Merah hanya terpaut lima poin di belakang pemuncak klasemen Arsenal yang baru memainkan 21 pertandingan.

Baca Juga

Sedangkan untuk Leeds hasil mengecewakan ini membuatnya terancam merosot ke zona degradasi. Saat ini the Whites menduduki kursi ke-17 mengumpulkan 19 poin hanya unggul satu poin di atas Everton dan AFC Bournemouth.

Permainan berjalan sangat terbuka di 10 menit awal. Leeds dan MU saling bergantian menyerang, namun tak kunjung datang peluang emas.

Iblis Merah baru bisa melepas tembakan pertama pada menit ke-19 melalui Bruno Fernandes usai menerima umpan mendatar Jadon Sancho. Namun, laju bola masih melebar dari gawang Illan Meslier.

Hingga memasuki menit ke-30 belum juga ada gol hadir dari kedua tim. Duel sengit dari Leeds dan MU lebih banyak terjadi di sektor lini tengah.

Bruno Fernandes mencoba melakukan tembakan spekulasi di depan kotak penalti Leeds pada menit ke-38. Bola tembakannya sempat sedikit berbelok arah dan mampu diatasi dengan baik oleh kiper Meslier.

Giliran penjaga gawang MU David De Gea membuat penyelamatan gemilang menit ke-43. Portiere asal Spanyol itu mampu menepis tembakan Crysencio Summerville dari jarak dekat dengan satu tangan.

Lagi-lagi sang kapten Bruno Fernandes nyaris merobek gawang the Whites pada injury time babak pertama. Bola tembakan mendatarnya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau kaki Meslier. Sampai wasit meniupkan tanda turun minum, tidak ada gol tercipta yang membuat laga sementara berkesudahan imbang tanpa gol.

Memasuki interval kedua Manchester United mendominasi jalannya pertandingan. Iblis Merah menguasai bola dan terus menekan pertahanan Leeds United.

Pada menit ke-64, Fred melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola malah melambung tinggi di atas gawang Leeds.

The Peacocks tak tinggal diam dan mencoba keluar dari tekanan. Pada menit ke-66 penyerang muda asal Italia, Wilfried Gnonto melepas tendangan dari luar kotak penalti, akan tetapi bola masih mampu diamankan dengan sangat baik oleh David De Gea.

Man United akhirnya sukses membuka keran gol pada menit ke-80. Marcus Rashford berhasil memanfaatkan umpan ciamik Luke Shaw dan menyundul bola ke gawang Illan Meslier, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Lima menit berselang giliran winger enerjik Alejandro Garnacho mencatatkan namanya di papan skor. Ia melepas tembakaan keras dengan kaki kanan usai menerima umpan dari Wout Weghorst, skor pun berubah menjadi 2-0 sekaligus menutup kemenangan MU pada laga bertajuk Derby the Roses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement