Selasa 14 Feb 2023 15:26 WIB

Membayangkan Kuatnya MU Andai Jadi Dibeli Grup Orang-Orang Kaya Qatar

Di PSG, orang-orang Qatar ini sudah terbukti sangat jor-joran.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Klub tersukses di Inggris, Manchester United. MU sedang diincar oleh grup kaya asal Qatar.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Klub tersukses di Inggris, Manchester United. MU sedang diincar oleh grup kaya asal Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bagi penggemar sepak bola yang khawatir dengan meningkatnya ketimpangan ekonomi di puncak permainan, tawaran Qatar yang akan datang untuk Manchester United sudah jelas, Ini hanya akan menjadi lebih buruk.  Klub besar Liga Primer Inggris ketiga yang jatuh ke tangan kelompok investasi Timur Tengah yang kaya minyak juga akan memperkuat status sepak bola elite sebagai sumber aset trofi bagi orang super kaya dan kendaraan untuk ambisi suatu bangsa.

Sebuah konsorsium investor Qatar sedang bersiap untuk mengajukan proposal awal pada akhir pekan, Bloomberg News melaporkan Selasa (14/2/2023), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. 

Baca Juga

Pejabat di Otoritas Investasi Qatar, atau QIA, dana kekayaan kedaulatan emirat, membantu persiapan bersama kantor keluarga setempat, menurut salah satu sumber.  Saham Manchester United naik di perdagangan New York Selasa (14/2/2023),memberi perusahaan nilai pasar 3,9 miliar Amerika Serikat atau setara Rp 59,8 triliun.

Jika negara Qatar mendukung tawaran tersebut, maka tampaknya sangat tidak mungkin untuk gagal, setidaknya atas dasar kekuatan uang.  Satu-satunya pihak yang telah menyatakan minatnya sejauh ini adalah miliarder Inggris Jim Ratcliffe, yang bekerja sama dengan Goldman Sachs Group Inc. dan JPMorgan Chase & Co. pada penawaran potensial.  

Ratcliffe adalah pendiri dan pemegang saham mayoritas produsen bahan kimia Ineos Group Holdings Plc, dan menduduki peringkat sebagai orang terkaya kedua di negara itu dengan kekayaan 13,4 miliar USD, atau sekira Rp 203 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index. Itu lebih dari tiga kali nilai pasar Manchester United, meski hampir tidak bisa dibandingkan dengan QIA senilai 450 miliar dolar AS atau sekira Rp 6.826 triliun  Emir penguasa Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, adalah penggemar Manchester United.

Ancaman terhadap pengambilalihan apa pun, mungkin bersifat regulasi. Tim dengan pemilik mayoritas yang sama tidak dapat bersaing di turnamen besar Eropa, menurut aturan UEFA, badan pengatur sepak bola untuk wilayah tersebut. 

Qatar Sports Investments, atau QSI, sudah memiliki klub Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain. Gagasan tentang klub dengan ukuran dan kepentingan seperti itu berpotensi disingkirkan dari kompetisi utama Eropa akan menjadi pemecah kesepakatan bagi kedua kelompok penggemar serta hierarki sepak bola, dapat dibayangkan. Jadi apakah pembelian dapat dilanjutkan akan bergantung pada apakah entitas Qatar dianggap oleh UEFA bersifat independen satu sama lain. Ketua QSI Nasser Al-Khelaifi adalah anggota komite eksekutif pembuat peraturan UEFA.

Membeli Manchester United akan memberi Qatar kendali atas klub terbesar keempat dan kelima di dunia berdasarkan pendapatan itu. 

 Pada tahun 2018, RB Leipzig dari Jerman dan Red Bull Salzburg dari Austria bermain satu sama lain di Liga Champions meskipun keduanya merupakan bagian dari grup Red Bull GmbH.  UEFA menetapkan bahwa tidak ada satu orang atau entitas yang mengendalikan kedua klub.

Bahkan jika QSI dan QIA ditentukan untuk dipisahkan, akuisisi tersebut masih akan meninggalkan klub terbesar keempat dan kelima dunia dengan pendapatan di tangan investor terkait negara Qatar. Hal itu akan menimbulkan kehebohan di seluruh Eropa, di mana para pejabat sepak bola sudah merasa terganggu dengan efek dari kekuatan belanja yang terlalu besar dari Liga Primer Inggris terhadap keberlanjutan keuangan permainan regional.  

Di bawah kepemilikan Qatar, PSG bertanggung jawab atas dua transfer termahal sepanjang masa, yakni membeli Neymar dari Brasil seharga 222 juta euro ($238 juta) pada 2017, dan Kylian Mbappe, pada tahun berikutnya, seharga 180 juta euro.

Pengeluaran mewah seperti itu mungkin lebih sulit dilakukan untuk Manchester United milik Qatar, setelah Liga Primer Inggris pekan lalu menuduh saingan lintas kotanya, Manchester City milik Abu Dhabi, dengan lebih dari 100 pelanggaran aturan "Financial Fair Play".  Sementara itu, Newcastle United, yang dibeli oleh dana kekayaan negara Arab Saudi pada tahun 2021, lebih terkendali dalam pengeluarannya daripada Manchester City atau Chelsea, yang dibeli oleh investor AS Todd Boehly dari oligarki Rusia Roman Abramovich tahun lalu.

 

Keluarga Glazer yang memiliki klub tersebut sedang mencari valuasi sebesar 6 miliar dolar AS, Bloomberg News melaporkan tahun lalu. Itu akan meningkatkan rasio EV/ebitda menjadi lebih dari 60 kali lipat. Manchester United memiliki sejarah luar biasa dan pengikut global terbesar di antara klub Liga Primer Inggris, meskipun kurang sukses dalam dekade terakhir.  

Fan yang menyalahkan pemilik AS atas hutang yang berlebihan dan investasi yang tidak memadai, akan senang jika grup Qatar menempatkan klub mereka pada pijakan keuangan yang sama dengan rival mereka yang dimiliki Abu Dhabi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement