Rabu 15 Feb 2023 19:48 WIB

Alcaraz Bertekad Rebut Posisi Petenis Nomor Satu Dunia dari Djokovic

Alcaraz menyadari bahwa jalannya untuk mencapai posisi itu tidak mudah.

Petenis muda asal Spanyol, Carlos Alcaraz.
Foto: AP/Michel Euler
Petenis muda asal Spanyol, Carlos Alcaraz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlos Alcaraz bertekad merebut tempatnya di puncak peringkat ATP yang diambil alih oleh Novak Djokovic ketika petenis Spanyol itu harus absen empat bulan karena cedera. Petenis berusia 19 tahun itu ingin mengambil alih peringkat satu petenis putra dengan kembali mengikuti turnamen di Buenos Aires dalam Argentina Open pekan ini.

"Sudah lama (saya ada) di nomor 1," kata Alcaraz, yang memegang posisi teratas selama 20 pekan, dikutip dari laman resmi ATP, Rabu (15/2/2023). "Sekarang tujuan saya adalah mendapatkan kembali nomor 1 dan mencoba melakukan yang terbaik di turnamen ini untuk kembali ke peringkat itu."

Baca Juga

Alcaraz menyadari bahwa jalannya untuk mencapai posisi itu tidak mudah. Petenis peringkat satu dunia saat ini, Djokovic, adalah juara Grand Slam 22 kali dan pemegang gelar ATP Masters 1000 38 kali, yang telah berada di puncak lebih lama dibanding petenis putra mana pun dalam sejarah.

Alcaraz berharap dapat mengejar petenis Serbia yang dia kagumi itu.

"Dia tidak memiliki kelemahan. Setiap pukulan, luar biasa," kata Alcaraz. "Kondisi fisiknya luar biasa, kondisi mentalnya luar biasa. Dia seperti dewa dan saya mengaguminya selama bertahun-tahun bertahan di level yang sama, bertahan di puncak. Ini sangat, sangat sulit, dan saya mengaguminya."

Djokovic (7.070 poin) memiliki keunggulan 840 poin atas Alcaraz (6.230) di Pepperstone ATP Live Rankings. Namun untuk saat ini, remaja asal Spanyol tersebut fokus untuk kembali beraksi di Argentina.

"Saya merasa luar biasa. Saya terbiasa dengan kondisi ini, bermain dengan pemain terbaik, jadi saat ini saya merasa baik-baik saja," ujar Alcaraz. "Sulit untuk memainkan turnamen pertama saya setelah sekian lama, setelah empat bulan. Jadi akan sangat sulit untuk memenangi turnamen atau hampir menang. Harapan saya adalah merasa baik-baik saja dengan cedera, dengan tubuh saya, dan mencoba bermain dengan baik."

Alcaraz akan menghadapi ujian langsung melawan petenis Serbia Laslo Djere yang mengalahkan petenis Italia Fabio Fognini 6-4, 6-4 di babak pertama.

Djere unggul di lapangan tanah liat, memenangi gelar ATP 500 empat tahun lalu di Rio de Janeiro. Terlepas dari itu, Alcaraz sangat senang dapat kembali beraksi.

"Saya sangat senang bermain di sini di Buenos Aires. Saya menjalani empat bulan tanpa kompetisi, tanpa pertandingan, hanya berlatih, dan memulihkan cedera saya," kata Alcaraz. "Saya sangat bersemangat untuk bermain lagi, berada di kompetisi lagi. Saya tidak sabar untuk melakukannya."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement