Kamis 16 Feb 2023 08:43 WIB

Pelatih Dortmund Akui Ada Faktor Keberuntungan dalam Kemenangan Atas Chelsea

Gol Dortmund ke gawang Chelsea tercipta lewat serangan balik.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain Borussia Dortmund Karim Adeyemi mencetak gol ke gawang Chelsea.
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Pemain Borussia Dortmund Karim Adeyemi mencetak gol ke gawang Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Gol semata wayang Karim Adeyemi sudah cukup membawa Borussia Dortmund mengantongi keunggulan agregat atas Chelsea pada babak 16 besar Liga Champions. Die Borussen membungkam tamunya The Blues 1-0 di Stadion Signal Iduna Park pada leg pertama, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB.

Pelatih Dortmund Edin Terzic mengakui ada sedikit faktor keberuntungan dalam keberhasilan timnya memetik kemenangan pada laga tersebut. 

Baca Juga

''Rasanya luar biasa bisa berada di tim yang meraih kemenangan. Ada sedikit keterlibatan faktor keberuntungan. Selain itu, kami juga memiliki penjaga gawang luar baisa. Mungkin, kami sempat kesulitan untuk keluar dari tekanan. Namun, tidak perlu meminta maaf setelah berhasil meraih kemenangan di kandang saat menghadapi Chelsea,'' ujar Terzic seperti dilansir laman resmi UEFA.

Gol kemenangan Dortmund, yang dicetak Adeyemi itu, berawal dari sebuah serangan balik cepat. Setelah berhasil mematahkan kesempatan The Blues via sepak pojok, Die Borussen langsung melancarkan serangan balik. Adeyemi yang mendapatkan bola dari Raphael Guerreiro langsung merangsek ke kotak pertahanan The Blues untuk menaklukkan penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Terlepas dari kemenangan di laga ini, Terzic masih memiliki catatan untuk penampilan anak-anak asuhnya di laga ini. Para penggawa Dortmund dinilai terlalu mudah dalam kehilangan bola. Tidak hanya itu, Dortmund juga tidak mampu tampil cukup solid di lapangan tengah. 

Dengan begitu, para penggawa Chelsea bisa dengan mudah masuk ke wilayah pertahanan wakil asal Jerman tersebut. Beruntung, Kobel mampu tampil apik di bawah mistar gawang Dortmund. Sepanjang laga tersebut, Kobel tercatat melakukan tujuh penyelematan gemilang, termasuk saat menghalau sepakan terarah Enzo Fernandez pada penghujung laga.

''Saya merasa, kami sudah cukup baik dalam bertahan. Namun, kami membuat mereka dengan mudah masuk ke sepertiga akhir lapangan. Anda bisa lihat bagaimana tekanan dan tembakan yang mereka lepaskan. Chelsea memiliki pemain-pemain berkualitas di lini serang. Kobel mampu tampil apik. Dia pun tahu, kami bisa mengandalkannya,'' ujar Terzic.

Catatan ini dapat menjadi bahan evaluasi buat Terzic sebelum menghadapi Chelsea pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Dortmund akan melawat ke markas The Blues, Stadion Stamford Bridge, Rabu (8/3/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement