Ahad 19 Feb 2023 10:31 WIB

Calon Pemilik Baru, Sir Ratcliffe Peringatkan Tim Besar untuk Waspadai Kebangkitan MU

Bersama MU, Ratcliffe berambisi membawa Iblis Merah menguasai panggung dunia lagi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang kini menetap di Monako. Ratcliffe menjadi calon investor baru Manchester United (MU).
Foto: EFE/THIERRY CARPICO
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang kini menetap di Monako. Ratcliffe menjadi calon investor baru Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Calon investor baru Manchester United (MU) Sir Jim Ratcliffe mengirim peringatan keras terhadap ketiga klub London, yakni Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. Ia memiliki ambisi besar untuk membawa Iblis Merah kembali meraih kejayaan.

Man United saat ini sedang dijual. Keluarga Glazer yang menjadi pemilik klub ingin mengakhiri rezim, yang sudah berjalan selama hampir 20 tahun di Old Trafford.

Baca Juga

Saat ini ada beberapa pihak yang berminat membeli tim pemilik 20 gelar Liga Primer Inggris. Selain Sheikh Jassim bin Hamad bin Jaber Al Thani ada juga pengusaha kaya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Ratcliffe dilaporkan melalui perusahaan miliknya, INEOS mengeklaim telah mengajukan penawaran awal ke pihak hierarki MU.

"Kami mengonfirmasi bahwa Sir Jim Ratcliffe dan INEOS telah mengajukan tawaran untuk kepemilikan mayoritas Manchester United. Kami melihat peran kami untuk jangka panjang atas nama fan dan masyarakat luas," demikian pernyataan perusahaan INEOS dikutip Football London, Sabtu (18/2/2023).

Ratcliffe merupakan salah satu orang terkaya di Inggris. Pria berusia 70 tahun tersebut merupakan penggemar Manchester United sejak kecil.

Kekayaan pribadi Ratcliffe diperkirakan berada di kisaran 6 miliar pounds hingga 11 miliar pounds. Ia memiliki INEOS yang merupakan perusahaan petrokimia raksasa.

Bersama MU, Ratcliffe berambisi untuk membawa Iblis Merah kembali menguasai panggung sepak bola dunia sekaligus mendominasi kompetisi domestik Liga Primer Inggris. "Kami sangat ambisius dan kompetitif. Kami berinvestasi di MU untuk mengembalikan mereka ke klub nomor satu dunia," sambung pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, Ratcliffe nantinya ingin mengelaborasikan industri sepak bola modern dengan tidak mengesampingkan peran krusial para penggemar Manchester United. "Kami ingin MU berlabuh dalam sejarah dan akar kebanggaannya di Barat Laut Inggris, menempatkan kembali ke atas dan fokus memenangkan Liga Champions."

Dalam beberapa musim terakhir MU memang kerap tersingkir dari perlombaan gelar juara Liga Primer di bawah Manchester City pun Liverpool. Namun perlahan pada kampanye 2022/2023 di bawah besutan Erik ten Hag, Iblis Merah mulai kembali menemukan identitas serta filosofi klub.

MU bahkan berpeluang untuk mendapatkan gelar bergengsi mengingat Marcus Rashford dan kawan-kawan masih berada di empat kompetisi berbeda, yakni Liga Primer, Piala FA, Piala Carabao, dan Liga Europa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement