Rabu 22 Feb 2023 14:15 WIB

Drama Courtois dan Alisson, Ini Sederet Blunder Kiper Paling Mengejutkan di Liga Champions

Alisson dan Courtois melakukan kesalahan yang membuat gawangnya kebobolan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Liverpool tampak frustrasi setelah dijebol lima kali oleh Real Madrid dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Para pemain Liverpool tampak frustrasi setelah dijebol lima kali oleh Real Madrid dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool melawan Real Madrid menyisakan banyak drama. The Reds kalah 2-5 dari Madrid di Stadion Anfield, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.

Hasil yang menyesakkan berbagai elemen tuan rumah. Tak hanya pemain dan pelatih tentunya. Penggemar juga kecewa berat.

Baca Juga

Terlepas dari hasil akhir, beberapa kejadian layak mendapat sorotan lebih. Salah satunya mengenai blunder kedua penjaga gawang. Dimulai dari Thibaut Courtois pada menit ke-14.

Kiper El Real itu kurang sigap menjauhkan bola dari penjagaan Mohamed Salah. Alhasil, gawangnya pun bergetar. Pada menit ke-36, giliran Alisson Becker yang melakukan kesalahan. 

Alisson berniat mengoper bola ke rekan setimnya. Upayanya mengenai kaki Vinicius Junior lalu menembus jala sendiri. Sebelum partai ini, banyak kisah serupa terjadi di kompetisi terelit benua biru.

Tiga di antaranya dilakukan Edouard Mendy, Gianluigi Donnarumma, serta Loris Karius. Dimulai dari kisah mendy. Situasi demikian terjadi pada pekan perdana April 2022.

photo
Penjaga gawang Chelsea Edouard  - (EPA-EFE/VINCE MIGNOTT )

Saat itu Chelsea bertemu Real Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions. Laga berlangsung di Stamford Bridge, London. Pada awal babak kedua, Mendy melakukan kesalahan fatal.

Ia terlalu pelan mengoper bola ke rekannya. Bola tersebut direbut Karim Benzema. Sesaat kemudian, Benzema merobek jala the Blues yang sudah ditinggalkan sang kiper.

Berikutnya, Donnarumma. Kiper asal Italia ini dianggap sebagai salah satu penyebab kegagalan Paris Saint-Germain melangkah jauh di Liga Champions musim lalu. PSG tak bisa melewati adangan Madrid di babak 16 besar.

photo
Kiper PSG Gianluigi Donnarumma - (AP/Michel Spingler)

Pada leg pertama, Les Parisiens, menang 1-0 di Prancis. Lalu pada secondleg, El Real berbalik unggul 3-1. Salah satu gol Los Blancos tercipta ketika Donnarumma terlalu lama menguasai bola di kotak penalti.

Bola tersebut lalu direbut Karim Benzema. Terjadi kemelut hingga berada dalam penguasaan Vinicius Junior. Vinicius kemudian mengirimkan umpan tarik ke Benzema yang akhirnya menggetarkan jala sang portiere.

Jauh sebelum Mendy dan Donnarumma melakukan blunder fatal, nama Loris Karius lebih terkenal dalam konteks ini. Tak tanggung-tanggung, ia membuat dua kesalahan dalam satu partai. Tepatnya pada final Liga Champions antara Liverpool melawan Real Madrid pada penghujung Mei 2018.

Pertama, ia seperti sengaja mengoper bola mengenai kaki Benzema. Bola menggelinding menembus jala sendiri. Berikutnya, ia tak mampu menepis bola tendangan voli Gareth Bale dengan sempurna.

photo
Loris Karius - (EPA-EFE/SEDAT SUNA)

Setelah momen di Kiev tersebut, Karius tak pernah kembali ke level atas. Ia benar-benar tenggelam. Pria Jerman itu mulai dibuang ke berbagai klub, hingga saat ini, berada di Newcastle United.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement