Kamis 23 Feb 2023 05:00 WIB

15 Hari Jadi Biksu, Juara Dunia Muay Thai Rodtang Jitmuangnon Baru Putuskan Bersyahadat

Rodtang pun benar-benar menjadi biksu, tapi tak lama kemudian masuk Islam.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemegang sabuk juara divisi flyweight Muay Thai ONE Championship Rodtang Jitmuangnon. Rodtang sempat jadi biksu sebelum masuk Islam.
Foto: Dok. ONE
Pemegang sabuk juara divisi flyweight Muay Thai ONE Championship Rodtang Jitmuangnon. Rodtang sempat jadi biksu sebelum masuk Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Rodtang Jitmuangnon telah menjadi seorang Muslim. Pemegang sabuk juara divisi flyweight Muay Thai ONE Championship ini mengumumkan telah bersyahadat menjelang pernikahannya dengan Aida Looksaikongdin. Aida sendiri, merupakan petarung Muay Thai juga. 

Rodtang mendiskusikan tentang perpindahannya ke agama Islam dalam sebuah siaran langsung baru-baru ini, menurut SCMP. Sebelum pernikahannya, ia sempat menjadi biksu Buddha selama beberapa waktu, namun atlet veteran Muay Thai ini kini menjadi seorang Muslim.

Baca Juga

photo
Rodtang Jitmuangnon (kanan) menikahi sesama atlet Muay Thai Thailand Aida Looksaikongdin. - (Dok. ONE)

Saat ini, Rodtang memiliki dua laga perebutan gelar yang telah diagendakan. Di ajang ONE Fight Night 8 pada tanggal 25 Maret, ia akan menantang Superlek Kiatmoo9 untuk memperebutkan gelar divisi flyweight kickboxing di Singapura.

Rodtang akan berusaha mengikuti jejak Sam-A Gaiyanghadao, Janet Todd, dan Stamp Fairtex dengan memenangkan gelar ONE Championship dalam dua disiplin yang berbeda. Beberapa pekan kemudian, ia akan mempertaruhkan gelar Muay Thai miliknya.

Pada tanggal 5 Mei, Rodtang akan menghadapi Edgar Tabares di ajang ONE Fight Night 10. Laga perebutan gelar tersebut akan berlangsung di Colorado, yang menjadi kartu pertandingan pertama bagi organisasi ini di tanah Amerika Serikat.

 

Jadwal baru

Para petarung olahraga bela dairi terbiasa berlaga setiap lima atau enam pekan sekali, maka pergantian jadwal yang cepat ini tidak akan mengganggu Rodtang. Namun, ia telah membatalkan serangkaian seminar yang dijadwalkan berlangsung di Amerika Serikat.

Rodtang jelas sangat serius menghadapi laga-laga berikutnya. Ini dapat menjadi pekan yang sangat penting dalam karier atlet berusia 25 tahun ini, jika semuanya berjalan sesuai rencana, ia akan menjadi pemilik dua gelar ONE Championship pada akhirnya.

Namun, Puertas dan Superlek akan melakukan yang terbaik untuk memastikan segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana bagi Rodtang. Pertarungannya melawan atlet yang disebut terakhir ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi Rodtang untuk menghadapi atlet Thailand lainnya dalam kartu pertandingan ONE Championship.

 

Puertas akan menjalani debutnya bersama ONE Championship dan datang sebagai atlet yang belum dikenal. Atlet Meksiko ini akan ingin menjadi petarung asing pertama yang mengalahkan Rodtang.

Tahun ini nampaknya akan menjadi tahun yang sibuk bagi Rodtang. Kita baru berada di bulan Februari dan ia telah memenangkan sebuah laga kickboxing, menikah, dan berpindah agama!.

 

Jadi biksu

"Saya sudah berusia 25 tahun sekarang, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Keluarga juga menginginkan saya menjadi Biksu".

photo
Foto Rodtang Jitmuangnon di kiri saat menjalani prosesi menjadi biksu. Sebelah kanan, saat Rodtang menjalani kehidupan sebagai biksu. - (Dok. SCMP)

Itu adalah jawaban yang Rodtang lontarkan kala ditanya mengenai rencana pascalaga melawan Jiduo Yibu dalam disiplin bela diri  kickboxing Januari lalu. Setelah kemenangan melawan Yibu, Rodtang pun benar-benar menjadi biksu. 

Namun, sesuai tradisi Thailand, perubahan hidup jadi biksu ini tak permanen karena itu merupakan bagian dari ritual umum di Negeri Gajah Putih. Sudah tradisi di sana, seorang laki-laki berusia di bawah 30 tahun dan belum menikah menjalani kehidupan sebagai biksu selama 15 hari. 

Uniknya, tak lama setelah menjadi biksu, ia justru mengucapkan syahadat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement