Kamis 23 Feb 2023 14:31 WIB

Ternyata Ada Peran Sir Alex Ferguson dalam Upaya Erik ten Hag Bangkitkan Kejayaan MU

MU kini jadi satu-satunya klub Eropa yang bersaing di empat kejuaraan sekaligus.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Mantan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan manajer Manchester United, Sie Alex Ferguson membantu Erik ten Hag merevitalisasi Manchester United. United akan menjamu Barcelona pada leg kedua pertandingan play-off Liga Europa Jumat (24/2/2023) dini hari WIB setelah meraih hasil imbang 2-2 di leg pertama pekan lalu.

Menjelang pertandingan, Ten Hag, yang tampaknya merupakan kandidat yang paling mungkin untuk mengembalikan United ke masa kejayaan Ferguson, mengadakan pertemuan dengan pendahulunya itu. Setelah 10 tahun pensiunnya Ferguson, sang pelatih asal Belanda ini mengungkapkan betapa besar bantuan yang diberikan oleh pria berusia 81 tahun tersebut.

Baca Juga

"Itu sangat besar," kata Ten Hag. "Saya selalu senang berbicara dengan orang-orang yang memiliki banyak pengetahuan, banyak pengalaman. Dia ingin membagikannya, dia ingin membantu dan mendukung. Dia merasa Manchester United adalah klubnya dan dia merasa sangat berkomitmen. Dia ingin kami melakukannya dengan baik. Itu adalah malam yang luar biasa dan saya menantikan malam berikutnya bersamanya," kata Ten Hag. 

Ferguson terkenal dengan kemenangan bersejarah United di final Piala Winners dan semifinal Liga Champions melawan raksasa Katalunya - meskipun Pep Guardiola membalas dendam dengan membawa Barca menang atas United di dua final Liga Champions.

Keterlibatan sosok senior Old Trafford ini merupakan indikasi lain dari suasana kerja sama dan semangat tim yang telah diciptakan oleh Ten Hag dalam kurun waktu hampir enam bulan masa kepemimpinannya.

United, satu-satunya tim di Eropa yang masih ikut di empat kejuaraan musim ini, dapat memenangkan salah satu trofi paling cepat pada hari Ahad (26/2/2023) nanti, ketika mereka menghadapi Newcastle di final Piala Liga.

Ten Hag belum menerima pujian yang beberapa orang akan mengklaim bahwa dia layak mendapatkannya karena dampaknya yang cepat di MU. "Ini bukan tentang pujian, ini tentang trofi," katanya. "Kami memiliki kesempatan, tetapi titik fokus pertama adalah pertandingan berikutnya dan dalam hal ini, kami tidak dapat memenangkan trofi pekan ini," kata dia. 

"Kami harus mempertahankan pola pikir yang sama di setiap pertandingan dan setiap hari memberikan versi yang lebih baik dari diri kami. Ketika Anda menghadapi tim besar seperti Barcelona, Anda harus bermain sebaik mungkin atau Anda tidak akan memiliki kesempatan. Kami harus memberikan penampilan terbaik musim ini. Kami percaya akan hal itu, kami menantikannya," ujar Ten Hag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement