Kamis 23 Feb 2023 17:10 WIB

5 Fakta Angka Laga MU Vs Barcelona, Adu Tajam Rashford dan Lewandowski

Dalam 11 bentrokan terakhir lawan Barcelona, MU hanya sekali menang.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Duel Manchester United vs Barcelona pada leg pertama playoff 16 besar Liga Europa.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Duel Manchester United vs Barcelona pada leg pertama playoff 16 besar Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Satu tiket ke babak 16 besar Liga Europa akan diperebutkan di markas Manchester United, Stadion Old Trafford. Barcelona akan berduel dengan tim tuan rumah pada leg kedua partai playoff babak 16 besar Liga Europa, Jumat (22/2/2023) dini hari WIB.

Pada leg pertama, yang digelar di markas Barcelona, Stadion Camp Nou, kedua tim memetik hasil imbang 2-2. Pada laga leg kedua ini, kedua tim memiliki peluang yang sama besar untuk bisa melaju ke babak 16 besar karena sudah tidak berlaku lagi keuntungan gol tandang di semua kompetisi Eropa sejak 2021.

Baca Juga

Terlepas dari kondisi tersebut, MU memiliki catatan kurang memuaskan tiap kali menghadapi Blaugrana. Dalam 11 bentrokan terakhir di kompetisi Eropa, Setan Merah hanya mampu memetik satu kemenangan, lima hasil imbang, dan lima kekalahan dari Barcelona. 

Bahkan, dalam lima pertemuan terakhir dengan klub asal Katalunya tersebut, MU menelan kekalahan pada empat laga. 

MU memang memiliki rekor apik saat melakoni laga kandang di kompetisi Eropa dengan hanya menelan dua kekalahan dari 11 kesempatan. Namun, dua kekalahan itu didapatkan saat MU menjamu wakil Spanyol di kompetisi Eropa, yakni Atletico Madrid pada Maret 2022 dan dari Real Sociedad pada September 2022. 

Di sisi lain, rekor Barcelona saat merumput di Stadion Old Trafford juga tidak terlalu bagus. Ini menjadi lawatan keenam Blaugrana ke markas United. Dari lima kesempatan sebelumnya, Barcelona memetik satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan.

Sorotan lain di laga ini juga tertuju pada performa penyerang di masing-masing tim, Marcus Rashford di lini serang United dan Robert Lewandowski di ujung serangan Barcelona. Laga ini dianggap menjadi panggung buat kedua pemain tersebut untuk menunjukan taji dan ketajaman di depan mulut gawang.

Maklum, catatan torehan gol dan penampilan dua pemain tersebut di kompetisi Eropa cukup impresif. Dengan koleksi empat gol, Rashford mencatatkan rataan satu gol tiap 76 menit tampil di Liga Europa pada musim ini. Ini menjadi rasio gol per laga tertinggi di antara semua pemain yang merumput di Liga Europa musim ini.

Torehan Lewandowksi tidak kalah cemerlang. Sejak awal musim 2019/2020, penyerang asal Polandia itu telah mencetak total 38 gol dari 32 penampilan di turnamen major Eropa. Tidak ada satu pemain pun yang mengoleksi gol lebih banyak dari Lewandowski selama periode ini.

Berikut lima fakta laga Manchester United vs Barcelona

1 

Manchester United hanya mampu memetik satu kemenangan dalam 11 bentrokan terakhir dengan Barcelona di kompetisi Eropa. Kemenangan, 1-0, di leg kedua semifinal Liga Champions pada 2008 menjadi kemenangan terakhir United atas Barca.

6 

Ini menjadi lawatan keenam Barcelona ke Stadion Old Trafford di kompetisi Eropa. Di lima laga sebelumnya, Blaugrana mengemas satu kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan.

11 

Dari 11 laga kandang terakhir di kompetisi Eropa, United mampu mengemas enam kemenangan, tiga hasil imbang, dan dua kekalahan. Namun, dua kekalahan itu didapatkan United saat menjamu wakil Spanyol.

76 

Dengan koleksi empat gol dari lima laga di ajang Liga Europa musim ini, Rashford mencatatkan rataan satu gol per 76 menit laga. Ini menjadi rasio gol per laga tertinggi yang ditorehkan seorang pemain di Liga Europa musim ini

38 

Terhitung sejak awal musim 2019/2020, Robert Lewandowski telah mencetak 38 gol dari 32 penampilan di kompetisi utama Eropa. Tidak ada satu pun pemain yang mampu mencetak gol lebih banyak dibanding Lewandowski selama periode ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement