Kamis 23 Feb 2023 15:41 WIB

Begini Suasana di Carrington Jelang MU Vs Barcelona yang Terasa Istimewa

Para pemain dan pers tampak antusias lebih dari biasanya.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain MU melakukan latihan sehari jelang laga vs Barcelona, yang akan digelar pada Jumat (24/2/2023).
Foto: Dok. MU
Para pemain MU melakukan latihan sehari jelang laga vs Barcelona, yang akan digelar pada Jumat (24/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mobil-mobil berjejer di sepanjang jalan menuju tempat parkir tim utama  Manchester United (MU) di Carrington, Inggris. Di Jimmy Murphy Centre yang berdekatan, terdapat tiga kali lipat lebih banyak kursi di ruang pers daripada biasanya.

Demikianlah daya tarik dari laga Manchester United vs Barcelona serta perhatian yang mereka timbulkan, kapasitasnya akan berkurang secara signifikan untuk konferensi pers Erik ten Hag sebelum final Piala Liga pada hari Jumat (24/2/2023). 

Baca Juga

Bagi para staf United, pertemuan tersebut akan diadakan di ruang No.7 yang lebih luas di Old Trafford. Namun, Ten Hag bersikeras untuk tetap di Carrington dan konferensi pers yang diselingi dengan terjemahan panjang hanya berlangsung kurang dari 14 menit.

Teman masa kecil Ten Hag, Leon ten Voorde, mengatakan kepada Manchester Evening News (MEN) beberapa waktu lalu bahwa manajer United itu adalah seorang yang bisa mengontrol sesuatu. Mereka sering bersepeda ke sekolah bersama dan Ten Hag selalu terlambat. Di United, para pemain yang terlambat akan mendapatkan hukumannya.

Bagi MEN yang mengamati Ten Hag di tempat kerja selama tur pra-musim dan menghabiskan sedikit waktu bersamanya, ini adalah tipikal pendekatannya. Ia menghindari konferensi pers pasca pertandingan dari Bangkok ke Perth, melalui Melbourne.

Sumber-sumber mengatakan pada saat itu Ten Hag memiliki "fokus yang sangat besar" pada sepak bola. Manajer United sebelumnya sering memberikan hari libur kepada para pemain setelah pertandingan. Di bawah asuhan Ten Hag, pemulihan tidak bisa ditawar dan para pemain starter selalu kembali berlatih di Carrington pada pagi hari setelah pertandingan.

Ten Hag mengadakan pertemuan dengan media Inggris dan Spanyol pada pukul 12 siang dan United dijadwalkan berlatih sejam kemudian, namun para pemain baru muncul sebelum pukul 2 siang. 

photo
Alejandro Garnacho dengan warna rambut baru, ikut latihan MU jelang melawan Barcelona, Jumat (24/2/2023). - (Dok. MU)

Betapapun tidak nyamannya hal tersebut bagi para staf yang harus pergi ke Old Trafford untuk aktivitas media Barcelona di malam hari, hal tersebut nyaman bagi Ten Hag saat ia mempersiapkan salah satu malam terbesarnya sebagai manajer United.

Ada beberapa pemain bintang yang hadir dalam diri Robin van Persie, yang berdiri di sampingnya bersama agennya dan agen Ten Hag, Kees Vos. Van Persie kembali ke United pada bulan Desember saat ia terus bekerja untuk mendapatkan lisensi kepelatihannya dan ia berada di lokasi lagi untuk wawancara dengan Ten Hag atas nama para penyiar.

Van Persie menuju ke luar untuk menyaksikan latihan, di mana Anthony Martial berlatih di lapangan terpisah, namun ia tidak akan tersedia untuk pertandingan melawan Barcelona.

Barca telah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di Old Trafford selama 24 tahun terakhir dalam ajang Piala Winners dan Liga Champions. Pertandingan seru pekan lalu di Camp Nou hanya meningkatkan kegembiraan di antara para penggemar United yang terbiasa dengan malam-malam yang membosankan di Liga Europa.

Ten Hag tidak kekurangan pujian dalam mengawasi perubahan United, namun ia ditanya apakah ia telah mendapatkan banyak pujian. "Tentu saja. Ini bukan tentang pujian, ini tentang trofi. Kami memiliki kesempatan tetapi titik fokus pertama adalah pertandingan berikutnya dan di liga itu kami tidak bisa memenangkan trofi pekan ini. Kami harus melangkah dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, fokus yang lebih baik, namun terutama menjaga pola pikir yang sama dan setiap hari kami ingin memberikan versi yang lebih baik dari diri kami sendiri." ujar Ten Hag.

"Ketika Anda menghadapi tim besar seperti Barcelona, Anda harus bermain sebaik mungkin, jika tidak, Anda tidak akan memiliki kesempatan. Kami ingin lolos ke babak berikutnya," kata Ten Hag. 

"Besok kami harus memberikan penampilan terbaik musim ini. Kami percaya akan hal itu, kami menantikannya, jadi hal itu memberikan kami banyak energi," kata dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement