Jumat 24 Feb 2023 08:26 WIB

Sukses Singkirkan Barcelona, Erik Ten Hag Nilai Manchester United Punya Mentalitas Kuat

MU tertinggal, lalu bangkit mencatatkan kemenangan penting.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester United
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Erik ten Hag memuji kemenangan Manchester United (MU) atas Barcelona sebagai kemenangan terbesar dalam masa jabatannya bersama the Red Devils sejauh ini. MU berhasil memastikan tiket lolos ke fase selanjutnya usai mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 pada leg kedua babak play-off 16 besar Liga Europa 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB tadi.

"Kemenangan terbesar? Ya, saya kira begitu. Kami memiliki beberapa kemenangan bagus melawan Liverpool, Arsenal di kandang. Tapi saya pikir ini yang terbesar," kata Ten Hag menegaskan dilansir laman resmi MU.

Baca Juga

photo
Manchester Uniteds goalkeeper David de Gea, right, and Manchester Uniteds Casemiro celebrate at the end of the Europa League playoff second leg soccer match between Manchester United and Barcelona at Old Trafford stadium in Manchester, England, Thursday, Feb. 23, 2023. Manchester United won 2-1. - (AP Photo/Dave Thompson)

Tanpa aturan gol tandang, Manchester United mau tidak mau harus menang di laga ini untuk bisa tetap bertahan di kompetisi Liga europa. Masalahnya Setan Merah justru tertinggal lebih dahulu di laga ini berkat gol penalti Robert Lewandowski di babak pertama.

Namun memasuki interval kedua Manchester United sanggup membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Gol dari Fred dan Antony membuat Setan Merah terbang ke fase selanjutnya.

Ten Hag tahu betul kemenangan yang didapat dari tim sekelas Barcelona bukanlah persoalan mudah. Apalagi pasukannya sempat tertinggal lebih dulu. Tetapi, pasukannya menunjukkan mentalitas yang hebat.

"Masalah pada babak pertama adalah kurangnya kepercayaan, di babak kedua kami jauh lebih baik. Pada akhirnya, itu adalah kemenangan yang hebat karena kami memiliki keyakinan untuk meraih kemenangan itu," sambung pelatih asal Belanda.

Tentunya suntikan motivasi pun petuah Ten Hag di ruang ganti pada waktu turun minum memacu antusias para pemain MU untuk segera bangkit membalikan keadaan. Sebab Bruno Fernandes dan kawan-kawan tampil lebih kreatif dalam membuat peluang dan berujung pada gol.

"Dalam pertandingan besar, seringkali tentang mentalitas dan tentang menjadi benar di setiap momen pertandingan, untuk siap menghadapinya karena momen akan mengubah permainan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement