Selasa 28 Feb 2023 21:30 WIB

Thiago Silva Diprediksi Absen Paling Cepat Enam Pekan karena Cedera Lutut

Thiago Silva cedera saat membela Chelsea melawan Tottenham Hotspur.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Bek Chelsea Thiago Silva menderita cedera lutut.
Foto: AP/Alastair Grant
Bek Chelsea Thiago Silva menderita cedera lutut.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bek tengah Chelsea Thiago Silva dipastikan mengalami cedera lutut kala The Blues dibungkam Tottenham Hotspur 0-2, akhir pekan lalu. Dalam laga tersebut, Silva terpaksa ditarik keluar setelah hanya sempat merumput selama 19 menit. Bek tengah berusia 38 tahun itu kemudian digantikan oleh Wesley Fofana.

Silva tidak bisa melanjutkan laga setelah salah tumpuan kala terjatuh dalam laga di Stadion Tottenham Hotspur tersebut. 

Baca Juga

''Thiago telah menjalani pemeriksaan lanjutan saat kembali ke pusat latihan tim pada Senin. Hasil pemindaian dan pemeriksaan menyebutkan Thiago mengalami cedera di bagian ligamen lutut. Dia dan tim medis akan bekerja secara intensif selama proses pemulihan," tulis pernyataan resmi Chelsea, Selasa (28/2/2023).

Kendati The Blues tidak menyebut secara spesifik, Silva diperkirakan butuh waktu setidaknya enam pekan untuk bisa pulih dari cedera lutut dan kembali memperkuat Chelsea. Ini tergantung dari perkembangan kondisinya selama proses pemulihan.

Cedera Silva ini kian menambah pelik situasi yang tengah dihadapi pelatih Chelsea Graham Potter. Dalam enam laga terakhir di semua ajang, the Blues tercatat tidak pernah menang dengan torehan tiga kekalahan dan tiga hasil imbang. Bahkan, dalam tiga laga terakhir di semua ajang, Chelsea menelan kekalahan.

Sejak pergantian tahun, klub asal London Barat itu tercatat hanya meraih satu kemenangan dari 11 laga. Selama periode tersebut, Chelsea menelan enam kekalahan dan empat hasil imbang. 

Kehilangan Silva dapat menjadi pukulan berat buat Potter. Akibat cedera tersebut, Silva kemungkinan besar bakal absen saat Chelsea menjamu Borussia Dortmund pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan depan. Begitu pula dengan keraguan soal kemungkinan menurunkan Silva kala Chelsea menghadapi Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris, awal bulan depan.

Pada musim ini, Silva masih menjadi tumpuan di lini belakang The Blues. Mantan bek tengah Paris Saint Germain itu tercatat tampil dalam 27 laga di semua ajang. Silva pun hanya absen pada tiga laga dari 24 partai yang telah dilakoni Chelsea di Liga Primer Inggris musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement