Sabtu 04 Mar 2023 17:20 WIB

Menang 2-0 atas Barito, Persik Catatkan Clean Sheet Pertama dalam Tujuh Laga

Persik menang 2-0.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persik Kediri Renan Da Silva (kiri).
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Pesepak bola Persik Kediri Renan Da Silva (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Persik Kediri berhasil mengamankan tiga poin saat menjamu Barito Putera pada laga lanjutan pekan ke-28 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (4/3/2023) sore WIB. Gol dari Al Hamra dan Renan Silva membawa Persik menang 2-0 atas Barito dan menambah koleksi poin menjadi 26 poin.

Ini merupakan laga krusial bagi kedua tim yang sama-sama berjuang di klasemen papan bawah. Persik saat ini tersungkur di peringkat kedua terbawah alias peringkat ke-17 klasemen sementara dengan koleksi 23 poin sementara Barito hanya unggul dua poin dari Persik di peringkat ke-16 klasemen sementara.

Baca Juga

Persik memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Peluang dimiliki Persik pada menit kedua saat Pahabol melepaskan umpan terobosan kepada Flavio Silva yang siap berlari menuju kotak penalti Barito. Tapi kiper Yoewanto mengambil keputusan yang tepat untuk meninggalkan posisinya dan merebut penguasaan bola dari Flavio.

Di menit kelima, Renan memberikan umpan lambung yang akurat ke arah kotak penalti di mana Flavio melakukan pergerakan tanpa bola. Flavio langsung melepaskan tembakan pada sentuhan pertamanya dengan tendangan setengah voli, tapi bola masih terlalu tinggi dari sasaran

Persik mendominasi serangan di sepuluh menit pertama. Tim berjuluk Macan Putih terus menekan pertahanan Barito Putera. Peluang kembali didapatkan di menit ke-9 saat Pahabol menerima umpan terobosan di sisi kiri penalti. Ia langsung melepaskan tembakan ke arah gawang tapi itu masih terlalu tinggi dari sasaran.

Hingga menit ke-15, Rohit Chand dkk lebih sering mengurung pemain Barito Putera di area pertahanan sendiri. Gol akhirnya tercipta di menit ke-16, berawal dari tendangan penjuru oleh Persik yang dieksekusi oleh Renan berhasil dimaksimalkan dengan baik oleh Al Hamra dengan tandukan langsung ke gawang. Skor 1-0 untuk Persik Kediri.

Barito akhirnya mendapatkan peluang, itu tercipta dari tendangan bebas di menit ke-27. Renan Alves mengeksekusi tendangan bebas dengan tembakan langsung ke gawang. Tapi tendangan kerasnya masih mengarah tepat kepada kiper Kurniawan Kartika Ajie sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Kurniawan.

Tiga menit berselang, serangan balik cepat Persik berhasil membuahkan hasil. Renan Silva kali ini mencatatkan namanya di papan skor setelah menggiring bola sambil mencari ruang tembak. Ia kemudian melepaskan tendangan placing dari luar kotak penalti yang mengarah ke sisi kanan gawang. Bola yang di luar jangkauan Yoewanto berhasil membawa Persik unggul 2-0.

Di babak kedua Persik tidak menurunkan ritme permainan mereka. Flavio berhasil menembakkan bola ke gawang Barito di menit ke-52 setelah ia menerima umpan di sisi kiri kemudian melakukan pergerakan individu ke arah gawang. Tapi tendangan kaki kirinya masih dapat ditepis oleh Yoewanto.

Barito terus berjuang untuk mengejar ketertinggalan mereka. Tapi mereka selalu kesulitan untuk menembus tembok pertahanan Persik yang solid. Beberapa percobaan serangan dilakukan dari kedua sisi serangan baik oleh Rizky Pora juga Mike Ott. Namun umpan silang yang ditujukan ke tengah kotak penalti selalu bisa diblokir pertahanan Persik.

Di sisi lain, Persik yang sudah unggul tidak mengendurkan serangan mereka. Tambahan tiga poin bagi Persik akan membuat kedua tim saling bertukar posisi. Tim asuhan Divaldo Da Silva Alves akan naik ke peringkat ke-16 klasemen sementara dengan koleksi 26 poin, adapun Barito Putera turun ke peringkat ke-17.

Gustavo mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan Barito Putera di menit-menit akhir. Tapi tandukan Gustavo masih meleset tipis di sisi kiri gawang. Tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan oleh kedua tim, laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Persik Kediri. Ini menjadi clean sheet pertama dalam tujuh laga terakhir Persik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement