Sabtu 04 Mar 2023 20:58 WIB

Livescore Piala Asia U-20; Indonesia Menang 1-0 atas Suriah, Harapan Lolos Terbuka

Indonesia kini punya tiga poin dan berpeluang besar lolos ke fase gugur.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain timnas Indonesia U-20 merayakan keberhasilan mencetak gol ke gawang Suriah U-20 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan pada Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Indonesia menang 1-0.
Foto: Dok. PSSI
Para pemain timnas Indonesia U-20 merayakan keberhasilan mencetak gol ke gawang Suriah U-20 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan pada Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Indonesia menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, TASHKENT -- Timnas Indonesia U-20 berhasil mengamankan tiga poin saat menghadapi Suriah pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan pada Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Penyelesaian tenang dari Hokky Caraka berhasil membawa Indonesia menang 1-0 atas Suriah. Dengan kemenangan ini, Indonesia mengoleksi tiga poin sebagai bekal lolos ke babak gugur dari Grup A. Indonesia kini mengoleksi tiga poin di bawah Uzbekistan dan Irak yang baru akan memainkan laga kedua. Uzbek dan Irak juga punya tiga poin. 

Suriah memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Hampir ada pelanggaran yang dilakukan Robi kepada Mahmood di kotak penalti sendiri, beruntung wasit tidak menilai itu sebagai pelanggaran dan Indonesia langsung melancarkan serangan balik. Hokky melaju dari sisi kiri tapi umpan silangnya lebih dekat kepada kiper.

Baca Juga

Suriah terus menekan di lima menit pertama. Sementara tim Merah Putih lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk mengancam pertahanan Suriah. Arkhan beberapa kali melepaskan umpan jauh kepada Hokky untuk serangan balik cepat, tapi upaya itu bisa terbaca oleh skuad Elang Qasioun muda.

Suriah lebih banyak membangun serangan dari sisi kanan. Mahmood berkali-kali menyulitkan pertahanan Indonesia. Tapi tembok pertahanan Indonesia berhasil membendung serangan dari tim asuhan Mark Wotte. Di sisi lain, Ferdiansyah yang baru bermain kurang dari 15 menit harus ditarik keluar oleh Shin Tae-yong karena mengalami cedera ringan, digantikan oleh Hugo Samir.

Percobaan pertama diciptakan oleh Kakang Rudianto dari jarak yanh cukup jauh di menit ke-21. Tak lama berselang, Mustafa Abdullatif melepaskan tembakan langsung ke gawang Indonesia. Tapi perocobaan itu masih dapat diamankan dengan baik oleh Daffa. Kedua tim saling jual beli serangan tapi Suriah lebih banyak menguasai bola.

Hokky berhasil mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan sementara Indonesia di menit ke-35. Ia menerima umpan jauh saat serangan balik dari umpan dari Hugo Samir. Hokky dengan tenang melewati satu pemain belakang Suriah sebelum menuju ke kotak penalti dan melepaskan tembakan placing ke sudut kanan atas.

Ferrari melakukan penyelamatan penting untuk memotong umpan tarik dari sisi kiri serangan Suriah di menit ke-40. Gawang Indonesia berhasil terselamatkan dari peluang yang dimiliki Suriah. Tiga menit berselang peluang dimiliki Indonesia dari situasi bola mati di mana Dony Tri berhasil menyambut umpan dengan tandukan melayang tapi itu masih mengarah tepat kepada kiper. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, skuad Garuda Muda tidak mengendurkan permainan mereka. Tapi Suriah juga menyerang dengan lebih agresif. Peluang terbaik Suriah terjadi di menit ke-54 saat Mahmoud Nayef merebut bola udara dari Ronaldo dan langsung melepaskan tembakan ke gawang pada sentuhan pertama. Beruntung bagi Indonesia bola masih membentur tiang.

Peluang dimiliki Arkhan Fikri saat menerima umpan terobosan dari Hugo Samir di menit ke-62. Namun, upaya Arkhan di depan gawang untuk melanjutkan dengan umpan tarik berhasil diblokir oleh pemain belakang Suriah. Upaya lanjutan dari tendangan sudut kembali gagal.

Beberapa kesalahan oper kembali dilakukan oleh pemain Indonesia. Hingga Hozan Rawan memiliki peluang di menit menit ke-66 saat ia menerima umpan di sisi kiri kotak penalti Indonesia. Ia kemudian mencari ruang sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang Daffa. Beruntung bagi Indonesia bola masih meleset tipis di sisi kanan gawang.

Maulana Syarif mencuri bola di depan kotak penalti Suriah pada menit ke-69. Ia memiliki dua pilihan untuk mengoper kepasa Hokky atau melepaskan tembakan. Maulana lantas memilih untik melepaskan tembakan langsung ke gawang, tapi tendangan kaki kirinya masih mengarah tepat kepada kiper sehingga bisa diamankan dengan mudah.

Kemelut sempat terjadi di depan gawang Indonesia di menit ke-85. Bola liar yang memantul dari tandukan Dony Tri hampir dimiliki Zakaria, tapi Daffa dengan sigap meninggalkan posisinya untuk mengamankan bola tersebut. Indonesia terus digempur oleh serangan Suriah di menit-menit akhir. Tapi tim Merah Putih berhasil mengamankan keunggulan hingga menit akhir.

 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-20 (4-3-2-1): Daffa Fasya (kiper); Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Dzaky Asraf, Dony Tri; Ferdiansyah, Arkhan Fikri, Ronaldo Kwateh, Achmad Maulana Syarif, Robi Darwis; Hokky Caraka. 

Pelatih: Shin Tae-yong 

 

Suriah U-20 (4-4-2): Maksim Sarraf (kiper); Khaled Alhejjeh, Mahmoud Nayef, Almekdad Ahmad, Mohamad Othman; Amer Alfayad, Malek Janeer, Elias Safar, Mustafa Abdullatif; Hozan Rawan, Mahmood Alaswad

Pelatih: Mark Wotte

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement