Ahad 05 Mar 2023 00:05 WIB

Livescore; Comeback Sensasional, Arsenal Menang Dramatis Setelah Tertinggal 0-2

Arsenal menang 3-2 setelah Nelson mencetak gol tepat pada menit terakhir laga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Arsenal Bukayo Saka (kiri) melakukan tembakan ke gawang di depan pemain Bournemouth Lloyd Kelly pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Bournemouth di stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (4/3/2023).
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Pemain Arsenal Bukayo Saka (kiri) melakukan tembakan ke gawang di depan pemain Bournemouth Lloyd Kelly pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Bournemouth di stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (4/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal sukses memetik poin penuh pada pekan ke-26 Liga Primer Inggris, tepatnya saat membungkam Bournemouth, 3-2, di Stadion Emirates, Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Kemenangan ini diraih klub asal London Utara itu dengan begitu dramatis via gol pada menit terakhir masa injury time.

Arsenal bahkan sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu via torehan Philip Billing dan Marco Senesi sebelum akhirnya menyamakan kedudukan via torehan Thomas Partey dan Ben White. Namun, Reiss Nelson tampil sebagai penyelamat Arsenal di laga ini.

Baca Juga

Pemain asal Inggris itu melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti usai menyambar bola halauan pasca sepak pojok. Gol Nelson ini tercipta pada menit terakhir masa injury time babak kedua. Kemenangan dramatis ini pun terasa begitu krusial dalam upaya Arsenal menjauh dari kejaran Manchester City di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Dengan tambahan tiga angka di laga ini, Arsenal kembali mencatatkan keunggulan lima angka di puncak klasemen sementara atas City, yang duduk di peringkat kedua. The Gunners kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 63 poin dari 26 laga. Sebelumnya, City berhasil memangkas jarak poin menjadi dua poin usai membungkam Newcastle United, 2-0, di laga lainnya.

 

 

Jalannya Laga

Arsenal dikejutkan dengan gol super cepat Bournemouth. Kurang lebih sembilan detik setelah wasit meniup peluit tanda laga dimulai, The Cherries sudah unggul atas tim tuan rumah. Dengan hanya tiga operan, termasuk sepak mula, The Cherries unggul via torehan Philip Billing.

Setelah mendapatkan umpan lambung di sisi kiri pertahanan Arsenal, Dango Outtarra mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti. Dominic Solanke gagal menjangkau bola operan Outtarra tersebut. Namun, Billing bisa menyambar bola tepat di depan mulut gawang Arsenal.

The Gunners sudah kebobolan saat belum sekalipun menyentuh bola. Pasca gol cepat Bournemouth tersebut, laga berjalan satu arah. The Gunners terus menekan pertahanan tim tamu. Bahkan, Arsenal sempat mencatatkan penguasaan bola hingga mencapai 93 persen.

Tiga peluang pun didapatkan The Gunners dalam rentang waktu kurang lima menit. Salah satunya via sepakan terarah Martin Odegaard dari luar kotak penalti. Kiper Bournemouth, Neto, mampu menepis bola sepakan Odegaard tersebut. Laga belum genap berjalan 15 menit, Neto sudah melakukan tiga penyelamatan.

Bournemouth nyaris menggandakan kedudukan via serangan kedua di laga ini. Billing memimpin sebuah serangan balik cepat The Cherries. Bola sempat diarahkan ke dalam kotak penalti. Namun, Outtarre gagal memanfaatkan peluang tersebut. Bola sepakan Outtarre masih mampu dimentahkan oleh kiper Arsenal, Aaron Ramsdale. 

Upaya The Gunners untuk bisa mencetak gol balasan terus terbentur tembok tebal. Bournemouth, yang turun dengan formasi 5-4-1, tampil begitu solid. dan disiplin. 

Hingga memasuki sepuluh menit akhir babak pertama, The Gunners masih kesulitan menembus pertahanan tim besutan Gary O'Neil tersebut. Arsenal akhirnya dipaksa menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal satu gol.

Upaya Arsenal untuk bisa mencetak gol balasan berlanjut pada babak kedua. Situasi pertandingan pun tidak banyak berubah. The Gunners masih kesulitan dan cenderung kurang tenang dalam memanfaatkan peluang, termasuk kegagalan Gabriel Martinelli menyelesaikan serangan balik cepat.

Pendukung Arsenal di Stadion Emirates kembali terdiam. Lagi-lagi, Arsenal dikejutkan dengan gol Bournemouth. Pada menit ke-57, tim tamu menggandakan keunggulan. Memanfaatkan sepak pojok kedua yang didapat di laga ini, The Cherries merobek gawang tim tamu.

Lolos dari penjagaan Thomas Partey, Marcos Senesi dengan leluasa menanduk bola hasil sepak pojok yang dilepaskan Joe Rotthwell. The Cherries di ambang torehan salah satu kejutan terbesar di pentas Liga Primer Inggris musim ini dengan mengalahkan pemuncak klasemen sementara di laga tandang.

Kendati begitu, The Gunners akhirnya bisa memecah kebuntuan dan mencetak gol balasan pada menit ke-62. Berawal dari sepak pojok, Neto meninju bola. Emille Smith-Rowe menanduk bola halauan Neto tersebut. Bola mengarah ke tiang jauh dan langsung disambar Thomas Partey dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti.

Delapan menit berselang, tim besutan Mikel Arteta itu bisa menyamakan kedudukan. Ben White menyambut bola umpan lambung Reiss Nelson dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Neto sempat menghalau bola sepakan White tersebut. Namun, bola dinyatakan sudah melewati garis gawang sebelum dihalau oleh Neto.

Arsenal akhirnya bisa menutup laga dengan kemenangan. Reiss Nelson melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti setelah menyambar bola hasil rebound pasca kesempatan sepak pojok. Gol ini membawa The Gunners berbalik unggul dan memastikan raihan tiga angka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement