Senin 06 Mar 2023 05:15 WIB

Imbang Lawan Real Betis, Madrid Tertinggal Sembilan Poin dari Barcelona

Real Madrid harus puas membawa pulang satu poin dalam lawatan ke markas Real Betis

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Pemain Real Betis Aitor Ruibal (kanan) berebut bola dengan pemain Real Madrid Eduardo Camavinga dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol di Sevilla, Senin (6/3) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/JULIO MUNOZ
Pemain Real Betis Aitor Ruibal (kanan) berebut bola dengan pemain Real Madrid Eduardo Camavinga dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol di Sevilla, Senin (6/3) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLE -- Real Madrid harus puas membawa pulang satu poin dalam lawatan ke markas Real Betis pada jornada ke-24 La Liga, Senin (6/3/2023) dini hari WIB. Datang ke Stadion Benito Villamarin, Los Blancos gagal memanfaatkan peluang dan menutup laga dengan skor imbang 0-0.

Dengan hasil ini, Los Blancos terbukti belum bisa kembali ke jalur kemenangan usai menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang di dua laga terakhir di semua ajang. Tidak hanya itu, kegagalan memetik poin penuh di laga ini juga membuat Los Blancos semakin tertinggal dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol.

Baca Juga

Ini menjadi hasil imbang kelima Los Blancos dari 24 laga di pentas La Liga musim ini. Juara bertahan La Liga gagal memetik poin penuh di delapan laga di pentas Liga Spanyol musim ini. Berada di peringkat kedua, Los Blancos mengumpulkan 53 poin dari 24 laga. 

Los Blancos terpaut sembilan poin dari Barcelona, yang duduk di puncak klasemen sementara Liga Spanyol saat Liga Spanyol telah menuntaskan jornada ke-24. Kesempatan untuk memangkas poin hingga tinggal tersisa tujuh poin dari Barcelona gagal dimanfaatkan Los Blancos di laga ini.

Jalannya Pertandingan

Tampil di depan pendukunganya sendiri, Real Betis tidak ragu untuk langsung menekan pertahanan tim tamu. Tim besutan Manuel Pellegrini itu pun menjadi tim pertama yang mampu menciptakan peluang di laga ini. Ayoze Perez melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti usai menerima sodoran umpan dari Miranda.

Peluang ini berhasil digagalkan penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois, yang berdiri di posisi yang tepat. Bola halauan mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu sempat membentur mistar gawang sebelum akhirnya melambung.

Madrid sebenarnya sukses mencetak gol pada menit ke-11, tepatnya via eksekusi tendangan bebas Karim Benzema. Penyerang asal Prancis itu mengeksekusi tendangan bebas di sebelah kanan di depan kotak penalti Betis. Bola pun meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Betis.

Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah melakukan review VAR. Bola hasil sepakan Benzema itu diketahui sempat menyentuh tangan Antonio Rudiger, yang berdiri sejajar dengan pagar betis para pemain Los Verdiblancos, julukan Real Betis.

Seiring berjalannya laga di Stadion Benito Villamarin tersebut, Madrid mulai mampu mengendalikan permainan. Los Blancos pun mampu mengalirkan bola ke sepertiga akhir lapangan dan mengancam gawang tim tamu. Kecepatan dan teknik olah bola Vinicius Junior menjadi andalan Los Blancos untuk membongkar pertahanan Real Betis.

Kendati begitu, hingga babak pertama usai, Real Betis mampu meredam setiap serangan Los Blancos. Pun dengan kemampuan Los Blancos untuk menjaga keseimbangan permainan dengan tampil solid di lini belakang untuk mengatasi setiap serangan tim tuan rumah.

Pada awal babak kedua, penetrasi yang dilakukan Vinicius Junior nyaris menjadi awal gol pembuka Los Blancos di laga ini. Setelah merangsek ke dalam kotak penalti, Vinicius sempat melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. 

Umpan tersebut langsung disambar Benzema dengan sepakan keras. Peluang itu berujung dengan penyelamatan gemilang kiper Real Betis, Claudio Bravo, yang sukses menghalau bola hasil sepakan Benzema. 

Tim tuan rumah bukan tanpa peluang. Borja Iglesias berhasil menerima umpan di dalam kotak penalti Madrid sebelum akhirnya melepaskan sepakan. Kendati begitu, Courtois dengan sigap menghalau bola hasil sepakan Iglesias dengan tangan kirinya. Bola rebound langsung diamankan pemain bertahan Los Blancos.

Unggul dalam penguasaan bola hingga mencapai 62 persen, Los Blancos terus menekan pertahanan tim tuan rumah. Hingga memasuki masa injury time, Los Blancos melepaskan 14 tembakan, termasuk lima tembakan tepat mengarah ke gawang. Jumlah tembakan ini dua kali lipat dari yang dicatatkan Real Betis.

Salah satu peluang terbaik Los Blancos datang dari sepakan Dani Ceballos. Namun, sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang Betis. Akhirnya, hingga laga usai, Los Blancos gagal memecahkan kebuntuan dan mesti rela pulang hanya dengan raihan satu poin dari markas Betis.

Susunan Pemain

Real Betis (4-2-3-1)

Bravo (PG); Sabaly, Pezzella, Felipe, Miranda; Rodriguez, Carvalho; Rodri, Perez, Ruibal; Iglesias

Pelatih: Manuel Pellegrini

Real Madrid (4-3-3)

Courtois (PG); Camavinga, Rudiger, Militao, Vazquez; Kroos, Tchouameni, Valverde; Junior, Benzema, Rodrygo

Pelatih: Carlo Ancelotti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement