Rabu 08 Mar 2023 00:01 WIB

Tottenham Hotspur Vs AC Milan: Dua Tim Terluka Berebut Tiket Perempat Final Liga Champions

Milan bermodal keunggulan satu gol saat bertandang ke markas Tottenham.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Duel AC Milans vs Tottenham Hotspur pada leg pertama 16 besar Liga Champions.
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Duel AC Milans vs Tottenham Hotspur pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gol semata wayang Brahim Diaz menjadi pembeda antara AC Milan dan Tottenham Hotspur pada duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions, pertengahan bulan lalu. I Rossoneri menggenggam keunggulan agregat 1-0 saat melawat ke markas Spurs pada pertemuan leg kedua, Kamis (9/3/2023) dini hari WIB.

Keunggulan tipis ini menjadi modal berharga Milan untuk bisa menjaga asa lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Apabila mampu melewati adangan Tottenham di babak 16 besar, Milan akan menorehkan prestasi terbaik di Liga Champions sejak musim 2011/2012.

Baca Juga

Memori kekecewaan usai sempat absen di Liga Champions selama tujuh musim beruntun dan terkapar di fase grup pada musim lalu secara perlahan mulai coba dihapuskan I Rossoneri pada musim ini. Juara bertahan Liga Italia itu pun mulai merenda kembali nama besar di  kompetisi antarklub terelite Eropa.

Terlepas dari target tinggi, tim besutan Stefano Pioli itu datang ke Stadion Tottenham Hotspur dengan kondisi terluka. Pada laga terakhir di Serie A Liga Italia, MIlan dipaksa menelan kekalahan dari Fiorentina 1-2, akhir pekan lalu. Kekalahan di markas La Viola itu sekaligus mengakhiri laju empat kemenangan beruntun Milan di semua ajang.

Kondisi serupa ternyata juga dialami the Lilywhites. Bahkan, dibanding Milan, catatan penampilan Spurs jauh lebih buruk. Klub asal London Utara itu menelan kekalahan beruntun dalam dua laga terakhir di semua ajang, termasuk saat disingkirkan Sheffield United, 1-0, di putaran kelima Piala FA, tengah pekan lalu. Kepercayaan diri para penggawa The Lilywhites dinilai tengah berada dalam level yang cukup rendah buntut dari dua kekalahan ini.

Namun, pelatih AC Milan Stefano Pioli menilai hasil buruk yang diterima kedua tim pada laga terakhir tidak akan berpengaruh besar pada performa kedua tim pada leg kedua nanti. Satu tiket ke babak perempat final sudah cukup menjadi motivasi buat kedua tim untuk tampil maksimal.

"Ini fase gugur. Hasil dan penampilan di laga kontra Fiorentina tidak berpengaruh buat kami. Begitu juga buat Spurs. Kekalahan di dua laga terakhir tidak akan mempengaruhi mereka. Ini menjadi laga penting dan kedua tim akan berusaha menampilkan permainan terbaik,'' kata Pioli seperti dikutip Football Italia, akhir pekan lalu.

Pioli pun mengaku sudah memiliki sejumlah rencana untuk bisa membawa I Rossoneri melewati adangan Spurs dan melangkah ke babak perempat final Liga Champions. Spurs, ujar pelatih asal Italia itu, memiliki gaya dan struktur permainan yang berbeda dibanding Fiorentina. 

''Laga itu akan berbeda. Karena itu, kami akan mempersiapkan diri dengan baik," tutur Pioli.

Di sisi lain, pelatih Tottenham Antonio Conte berharap dukungan dari suporter the Lilywhites di Stadion Tottenham Hotspur bisa memberikan energi tambahan buat anak-anak asuhnya. Ini menjadi partai kandang pertama Spurs setelah dua laga terakhir di markas lawan.

"Di stadion kami, ekpektasi saya adalah bisa melihat para suporter mendorong kami untuk memberikan perlawanan terhadap Milan. Saya tahu, para suporter di stadion kami bisa menciptakan atmosfer yang tepat buat tim ini agar bisa tampil maksimal dan berusaha melaju ke babak selanjutnya,'' ujar Conte, yang akan kembali mendampingi Tottenham usai absen dalam dua laga untuk pemulihan kondisi pasca-operasi, seperti dikutip laman resmi UEFA.

Rekor Head to Head Tottenham vs Milan

15-02-2023 Milan 1-0 Tottenham - Liga Champions

10-03-2011 Tottenham 0-0 Milan - Liga Champions

16-02-2011 Milan 0-1 Tottenham - Liga Champions

19-04-1972 Milan 1-1 Tottenham - Piala UEFA

05-04-1972 Tottenham 2-1 Milan - Piala UEFA

Lima Laga Terakhir Tottenham 

04-03-23 Wolverhampton 1-0 Tottenham - Liga Primer

02-03-23 Sheffield United 1-0 Tottenham - Piala FA

26-02-23 Tottenham 2-0 Chelsea - Liga Primer

19-02-23 Tottenham 2-0 West Ham - Liga Primer

15-02-23 Milan 1-0 Tottenham - Liga Champions

Lima Laga Terakhir AC Milan

05-03-23 Fiorentina 2-1 Milan - Serie A

27-02-23 Milan 2-0 Atalanta - Serie A)

19-02-23 Monza 0-1 Milan - Serie A)

15-02-23 Milan 1-0 Tottenham - Liga Champions

11-02-23 Milan 1-0 Torino - Serie A

Prediksi Daftar Susunan Pemain Tottenham vs Milan

Tottenham (3-4-2-1)

Forster; Davies, Lenglet, Romero; Perisic, Skipp, Hojbjerg, Emerson Royal; Richarlison, Kulusevski; Kane

Pelatih: Antonio Conte.

AC Milan (3-4-2-1)

Maignan; Thiaw, Kjaer, Kalulu; Hernandez, Tonali, Bennacer, Saelemaekers; Krunic, Leao; Giroud

Pelatih: Stefano Pioli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement