Kamis 09 Mar 2023 10:07 WIB

Erik Ten Hag Pastikan Posisi Kapten Bruno Fernandes Aman

MU menghadapi Real Betis pada leg pertama 16 besar Liga Europa di Old Trafford.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Kapten Manchester United  Bruno Fernandes
Foto: AP Photo/Jon Super
Kapten Manchester United Bruno Fernandes

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United Erik ten Hag memastikan posisi Bruno Fernandes sebagai kapten aman jelang pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa kontra Real Betis di Old Trafford, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB. Fernandes sebelumnya mendapatkan kritik dari beberapa orang terkait sikapnya saat MU dibantai Liverpool 7-0 akhir pekan kemarin. Mantan pemain MU Gary Neville bahkan menyebut Fernandes tak menunjukkan sikap sebagai kapten MU.

Terlepas dari kritik yang dialamatkan kepada Fernandes, Ten Hag memuji pemain internasional Portugal tersebut yang menjalani musim dengan sangat brilian. Fernandes telah memberikan energi besar kepada tim. Itu sebabnya MU ada di posisi bagus saat ini.

Baca Juga

Ten Hag membantah tuduhan bahwa Fernandes meminta diganti saat MU dipermalukan Liverpool. Ten Hag mengatakan dia justru menjadi inspirasi para pemain lain. Menurut Ten Hag semua orang pasti melakukan kesalahan termasuk Fernandes sehingga harus sama-sama belajar.

"Saya sangat senang memiliki Bruno Fernandes di tim dan saya sangat senang, jika Harry tidak ada di lapangan, dia adalah kapten kami,” ujar Ten Hag dilansir dari AP, Kamis (9/3/2023).

Fernandes hanya satu kali tidak menjadi starter musim ini di Liga Inggris dan dia telah menemukan kembali performa terbaiknya di bawah asuhan Ten Hag. Sepekan sebelum kekalahan dari Liverpool, Fernandes memimpin Setan Merah meraih trofi Piala Carabao sekaligus trofi pertama MU dalam enam tahun. Ketika itu Fernandes menjabat sebagai kapten. Dia kemudian mengangkat trofi itu bersama kapten pertama Harry Maguire di Stadion Wembley usai mengalahkan Newcastle United 2-0 di partai final.

Penyerang MU Marcus Rashford mengatakan Fernandes telah menjadi pemimpin yang baik bagi tim bahkan ketika dia tidak mengenakan ban kapten. Rashford menilai dia juga membantu pemain lain menjadi pemimpin yang lebih baik.

“Dia telah melakukan banyak hal untuk kami dalam hal membawa keterampilan kepemimpinannya, dan itu sejak dia tiba. Terkadang Anda sangat ingin menang sehingga Anda akhirnya melakukan hal-hal yang sedikit di luar karakter. Tapi saya, 100 persen saya mendukung Bruno. Kami berada di belakangnya,” kata Rahsford. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement