Jumat 10 Mar 2023 08:14 WIB

Arteta Ingatkan Pemain Arsenal Harus Fit Bermain Setiap Tiga Hari Jika Ingin Berjaya

Arsenal memburu gelar juara Liga Europa dan Liga Primer Inggris.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih Arsenal Mikel Arteta
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengingatkan pemainnya bahwa mereka harus siap bermain setiap tiga hari jika ingin mempertahankan peluang merebut gelar domestik dan Eropa. Itu ia sampaikan usai The Gunners bermain imbang 2-2 menghadapi Sporting Lisbon pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.

Hasil imbang tersebut cukup bagi Arsenal menyambut leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Emirates. Arteta membuat enam perubahan saat menghadapi Sporting. Ia mengistirahatkan Martin Odegaard, Eddie Nketiah, Leandro Trossard dan Gabriel Jesus karena cedera dan kebugaran. Merotasi pemain adalah salah satu cara membuat tim tetapi tampak bugar setiap pertandingan.

Baca Juga

“Mereka harus tersedia untuk dimainkan dan kami harus menggunakannya. Di klub ini Anda harus bermain setiap tiga hari dan Anda harus fit dan tersedia untuk melakukan itu. Jika tidak, itu tidak layak,” ujar Arteta kepada BT Sport, dilansir dari Standard.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui kehilangan enam pemain cukup memberikan dampak kepada skema permainan. Beberapa pemain terpaksa harus bermain di luar posisi aslinya. Dengan kasus ini ia ingin semua pemain dapat beradaptasi terhadap segala kemungkinan.

Arsenal unggul lebih dulu melalui sundulan William Saliba sebelum tuan rumah menyamakan kedudukan oleh Goncalo Inacio pada babak pertama. Sporting berbalik unggul 2-1 di awal babak kedua melalui Paulinho. Namun skor kembali imbang 2-2 setelah pemain tuan rumah Hidemasa Morita mencetak gol bunuh diri.

“Saya tidak tahu apakah ini keberuntungan, gol kedua adalah keberuntungan,” kata Arteta tentang apakah hasil ini adalah keberuntungan.

Arteta mengungkapkan sejatinya Arsenal mempunyai beberapa peluang besar dari Gabriel Martinelli dan Fabio Viera. Namun saat skor 2-1, Arteta mengakui Arsenal sedikit lengah dan nyaris tertinggal 3-1. Belajar dari pengalaman di laga tersebut, ia merasa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki.

“Banyak hal yang harus ditingkatkan, itu sudah pasti. Namun kami juga menunjukkan banyak ketangguhan untuk bertahan dalam permainan dan tetap hidup dalam pertandingan,” kata Arteta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement