Senin 13 Mar 2023 09:16 WIB

Xavi Terkejut Lihat Aksi Penggemar Bilbao yang Sebut Barcelona Mafia

Kasus dugaan menyuap wasit yang dilakukan Barcelona masih diselidiki.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Reaksi pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Reaksi pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez merespons aksi penggemar Athletic Bilbao dalam laga pekan ke-25 La Liga Spanyol di Stadion San Memes, Senin (13/3/2023) dini hari WIB. Blaugrana menang 1-0. Gol tunggal kubu tamu dicetak Raphinha pada pengujung babak pertama. Setelah mendapat umpan terobosan dari Sergio Busquets, winger asal Brasil itu melepaskan tembakan keras merobek jala Julen Agirrezabala.

Sepanjang laga, pendukung tuan rumah terus mengejek skuad Barca. Mereka fokus pada situasi yang sedang berkembang. Beredar informasi tentang sejumlah tindakan ilegal yang diambil oleh manajemen Barcelona.

Baca Juga

Salah satu kasusnya yakni Barcelona membayar lebih dari 7,8 juta dolar kepada eks wakil ketua Komite Wasit Jose Maria Enriquez Negreira, dari 2001 hingga 2018. Pembayaran ditujukan ke perusahan milik Megreira. Pihak Barca menegaskan, mereka hanya berbisnis untuk urusan konsultasi.

Penggemar Bilbao memperlihatkan uang palsu dengan tulisan Mafia. Xavi mengaku terkejut. Sepanjang pengalamannya berkunjung ke San Memes, ia selalu diperlakukan dengan baik.

Menurutnya, apa pun tuduhan harus dibuktikan secara hukum. Semua pihak perlu menunggu keputusan dari pihak berwenang. Selama masih berupa dugaan, kata dia, tidak pantas untuk membuat penghakiman.

"Di ruang ganti, kami belum berbicara tentang kasus Negreira, atau apakah mereka akan menghukum kami di Eropa," kata Xavi, dikutip dari laman forbes.com.

Barcelona berpotensi dilarang tampil selama setahun di pentas Liga Champions. Namun, itu hanya kemungkinan. Hingga saat ini, belum ada yang benar-benar telah dibuktikan.

Menurut Xavi, manajemen klub yang mengurusi hal itu. Ia dan para pemain fokus ke lapangan. Mereka sama sekali tak terpengaruh isu yang berkembang.

"Kami harus berkonsentrasi. Kami profesional. Presiden (klub) sudah mengeluarkan pernyataan," ujar entrenador berusia 43 tahun ini.

Kemenangan atas Bilbao membuat raksasa Katalunya nyaman di singgasana. Dengan mengantongi 65 poin, Robert Lewandowski dan rekan-rekan unggul sembilan angka atas Real Madrid di urutan kedua. Kompetisi menyisakan 13 pertandingan lagi.

Berikutnya Barcelona dan Madrid bertemu pada jornada ke-26. Duel bertajuk El Clasico itu berlangsung di Camp Nou, Senin (20/3/2023) dini hari WIB.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement