Selasa 14 Mar 2023 12:03 WIB

Pelatih Porto Tegaskan Timnya Harus Bermain Cerdas Sepanjang Pertandingan Lawan Inter

Porto harus mengubah defisit satu gol menjadi kemenangan kontra Inter Milan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Porto Sergio Conceicao siap mendampingi timnya menumbangkan Inter Milan pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.
Foto: AP/Luis Vieira
Pelatih kepala Porto Sergio Conceicao siap mendampingi timnya menumbangkan Inter Milan pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Pelatih FC Porto menaruh hormat kepada Inter Milan. Wakil Portugal itu akan menjamu Inter pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Estadio Do Dragao, Rabu (15/3/2023) dini hari WIB.

Conceicao memprediksi pertandingan bakal berjalan seimbang. Pasukannya bertemu Nerazzurri yang dihuni para pemain berkelas. Tugas berat bagi skuad Dragons untuk menyingkirkan rivalnya.

Baca Juga

"Kami tahu lawan kami, tetapi di atas semua itu, kami tahu apa yang mampu kami lakukan," kata juru taktik berusia 48 tahun, dalam konferensi pers, dikutip dari Football Italia, Selasa (14/3/2023).

Menurut Conceicao, Porto akan tampil dengan intensitas tinggi kemudian agresif saat menekan. Itu salah satu kunci meredam tim seperti Inter. "Di atas segalanya, (kami harus bermain) cerdas," ujar pelatih yang pernah berpetualang di Serie A sebagai pemain itu.

Tiga pekan lalu, Porto kalah 0-1 dari Nerazzurri di Giuseppe Meazza. Ia memprediksi alur pertandingan bisa saja mirip. Namun, ia meyakini secara keseluruhan tidak akan sama. Dinamikanya bakal berbeda. Pasalnya, beberapa pemain yang tampil pada leg pertama, berpeluang absen kali ini. 

Begitu juga strategi yang dipakai. Kedua pelatih berpotensi mengubah cara bermain timnya demi tujuan lolos ke perempat final. "Kami mempersiapkannya sesuai dengan karakteristik kami sebagai tim," ujar Conceicao.

Menurutnya, dalam duel level atas seperti ini, yang paling penting adalah mendapatkan kenyamanan di lapangan. Itulah mengapa ia tak akan terlalu beradaptasi dengan pendekatan lawan.

Ia hanya fokus pada cara mereka bermain seperti biasanya. Itu memungkinankan penggawa Porto tampil lepas. Sehingga Mehdi Taremi dan rekan-rekan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. 

"Kami memiliki 90 menit untuk membalikkan keadaan. Agar hal itu bisa dilakukan, kami harus cerdas sepanjang pertandingan," ujar Conceicao.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement