Rabu 15 Mar 2023 16:04 WIB

City Terus Hancurkan Lawan-Lawannya di Eropa, Ini Dua Tim yang Dianggap Bisa Jegal Mereka

Pengalaman jadi kunci hentikan Manchester City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester Citys Erling Haaland celebrates with teammates after scoring the 5-0 during the UEFA Champions League Round of 16, 2nd leg match between Manchester City and RB Leipzig in Manchester, Britain, 14 March 2023.
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Manchester Citys Erling Haaland celebrates with teammates after scoring the 5-0 during the UEFA Champions League Round of 16, 2nd leg match between Manchester City and RB Leipzig in Manchester, Britain, 14 March 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City memastikan satu tempat di babak perempat final Liga Champions dengan langkah meyakinkan. Meski memetik hasil imbang, 1-1, di leg pertama, akhir bulan lalu, The Citizens menyingkirkan RB Leipzig dengan keunggulan agregat, 8-1.

Keunggulan agregat ini tidak terlepas dari kesuksesa juara bertahan Liga Primer Inggris itu mencukur Die Roten Bullen, 7-0, pada leg kedua, Rabu (15/3/2023) dini hari WIB. Lima gol Erling Haaland ditambah dua gol yang masing-masing dicetak Ilkay Gundogan dan Kevin de Bruyne mewarnai kemenangan City di Stadion Etihad tersebut.

Baca Juga

Performa impresif pada leg kedua babak 16 besar ini kian menegaskan status City sebagai salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini. Di babak perempat final, City sudah dipastikan akan bersaing dengan Chelsea, Bayern Muenchen, Inter Milan, Benfica, dan AC Milan. 

Real Madrid dan Napoli digadang-gadang bakal menjadi dua klub terakhir yang melaju ke babak perempat final. Terlebih, I Partenopei dan Los Blancos sudah mengantongi keunggulan agreggat dua gol atau lebih atas pesaingnya di babak 16 besar. 

Sementara Napoli unggul 2-0 atas Eintracht Frankfurt, Real Madrid mengantongi keunggulan agregat, 5-2, atas Liverpool. Rencananya, undian babak perempat final Liga Champions akan digelar pada Jumat (17/3/2023) waktu setempat. 

Mantan bek tengah timnas Inggris, Rio Ferdinand, menilai, ada dua tim yang berpeluang besar untuk bisa menjegal mimpi City merengkuh titel Liga Primer Inggris. Dua tim tersebut adalah Bayern Muenchen dan Napoli. City, ujar Ferdinand,  layak beharap terhindar dari dua tim tersebut di undian babak perempat final.

''Mereka sepertinya akan berpikir,'menjauh dari Bayern (Muenchen), menjauh dari Napoli. Sementara sisanya, mereka bisa memberikan permainan yang bagus,'' kata Ferdinand kepada BT Sport seperti dikutip Metro, Selasa (15/3/2023).

Eks kapten dan bek tengah Manchester United itu pun menilai, Muenchen dan Napoli memiliki modal yang cukup besar untuk bisa menyulitkan The Citizens. Tidak hanya soal kualitas barisan pemain yang dimiliki kedua tim, Muenchen dan Napoli dinilai sudah memiliki pengalaman tampil di fase gugur Liga Champions.

Senada dengan Ferdinand, eks gelandang Manchester City, Owen Hargreaves, juga menyebut Napoli sebagai salah satu tim yang bisa menyulitkan The Citizens di babak perempat final. Napoli, ujar Hargreaves, menjadi salah satu tim yang paling diremehkan di pentas Liga Champions musim ini.

Namun, tim besutan Luciano Spalletti itu justru mampu tampil begitu impresif pada musim ini. Mengakhiri penyisihan grup dengan torehan 20 gol, Napoli menjadi tim paling produktif di fase penyisihan grup Liga Champions musim ini. 

''Saat menunjukan performa terbaik, mereka bisa menjadi ancaman besar buat City. Mereka akan menyulitkan City. Saat ini, mereka adalah salah satu tim terbaik di Eropa dengan permainan atraktif mereka. Jika Anda tidak mewaspadai mereka, maka bersiaplah menjadi penonton di sisa turnamen. Bahkan, mereka memiliki peluang untuk bisa menjuarai kompetisi ini,'' kata Hargreaves.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement