Kamis 16 Mar 2023 08:03 WIB

Ancelotti Berpeluang Besar Hadapi Mantan Tim, Lebih Suka Madrid Lawan Milan di Final

Empat calon lawan Madrid di perempat final Liga Champions pernah dilatih Ancelotti.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti merayakan keberhasilan timnya mengalahkan Liverpool dan lolos ke perempat final Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (16/3/2023).
Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti merayakan keberhasilan timnya mengalahkan Liverpool dan lolos ke perempat final Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (16/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlo Ancelotti menjadi sorotan menjelang undian perempat final Liga Champions, Jumat (17/3/2023). Betapa tidak, Ancelotti menjadi sosok yang berpeluang sangat besar menghadapi mantan tim yang pernah diasuhnya pada babak delapan besar nanti. Sebab dari tujuh calon lawan Real Madrid, empat di antaranya pernah ditangani pelatih senior asal Italia ini.

Sebelum kembali ke Real Madrid untuk periode kedua, Ancelotti pernah menukangi sejumlah klub di Italia, Jerman, Inggris, hingga Prancis. Empat tim yang pernah dilatihnya lolos ke perempat final Liga Champions musim ini, yaitu AC Milan, Napoli, Chelsea, dan Bayern Munchen. Tiga lainnya yang belum pernah merasakan sentuhan Ancelotti adalah Manchester City, Benfica, dan Inter Milan.

Baca Juga

Di tengah kondisi ini, Ancelotti memiliki satu harapan menjelang undian perempat final Liga Champions, yaitu agar Real Madrid terhindar dari Milan. Sebab di antara tim yang pernah ditukanginya, bersama Milan namanya melambung. Ia merengkuh trofi Liga Champions pertama saat menukangi Rossoneri.

"Sejujurnya, idealnya adalah kami bertemu Milan di Final di Istanbul, tetapi jalan masih panjang," kata Ancelotti kepada Sky Sport Italia, dikutip dari Football Italia, selepas kemenangan Madrid 1-0 atas Liverpool pada leg kedua 16 besar, Kamis (16/3/2023).

Ia juga memuji mantan tim asuhannya Napoli. Ia mengakui I Partenopei bermain sangat baik.

"Mereka mendominasi Serie A dan karena itu bisa berkonsentrasi penuh di Liga Champions. Semua calon lawan di perempat final sangat berbahaya, ini akan menjadi pertarungan yang nyata," ujar Ancelotti.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengatakan kepada Sky Sport Italia kemarin bahwa Napoli merupakan tim terbaik di Eropa, namun seperti yang telah dikatakan oleh pelatih Napoli Luciano Spalletti, Ancelotti melihat Guardiola hanya melancarkan perang psikologis.

"Saya tidak akan terlalu mementingkan hal itu. Manchester City mencetak tujuh gol ke gawang RB Leipzig kemarin... Ini akan menjadi pertarungan di perempat final, kemudian jika kami mencapai semi-final, itu akan menjadi pertarungan juga di sana," kata dia.

Tim yang lolos ke perempat final Liga Champions musim 2022/2023

Bayern Munchen (Jerman)

Benfica (Portugal)

Chelsea (Inggris)

Inter (Italia)

Manchester City (Inggris)

Milan (Italia)

Napoli (Italia)

Real Madrid (Spanyol)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement