Selasa 21 Mar 2023 07:11 WIB

Shin Tae-yong akan Diskusikan Soal Puasa Bagi Pemain Timnas ke Pemuka Agama

Masa Persiapan timnas U-20 menuju Piala Dunia U-20 berbarengan dengan bulan Ramadhan.

Pemain Timnas Indonesia U-20 (ilustrasi) akan menjalani latihan dan pertandingan uji coba sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 yang berbarengan dengan bulan Ramadhan..
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pemain Timnas Indonesia U-20 (ilustrasi) akan menjalani latihan dan pertandingan uji coba sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 yang berbarengan dengan bulan Ramadhan..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia U-20 Shin Tae Yong mengatakan akan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang kompeten untuk mencari solusi terkait berbarengannya masa persiapan tim menuju Piala Dunia U-20 dengan datangnya bulan Ramadhan. Masa persiapan timnas untuk kompetisi akbar yang akan berlangsung pada Mei mendatang itu berbarengan dengan jadwal bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

Skuad Garuda Muda dihuni sejumlah pemain Muslim yang wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan, yang pada tahun ini kemungkinan akan dimulai pada 23 Maret.

Baca Juga

"Memang agak sulit juga bagi saya. Karena para pemain seharusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa makan mereka harus lari dan bertanding itu agak sulit buat pemain," kata pelatih Shin saat ditemui di sela-sela latihan timnas senior dan timnas U-20 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/3/2023).

"Jadi, saya memang harus berkoordinasi dulu sama pemimpin agama dan pemain juga biar bisa fokus pada hari pertandingan, dan satu hari sebelumnya. Biar kita fokus ke pertandingan," kata dia.

Ia berharap para pemain bisa mengganti puasanya pada hari lain. Ini jamak dilakukan oleh para atlet, dalam dan luar negeri, dalam persiapan menghadapi event besar dan harus berlatih keras, tapi jadwalnya bersamaan dengan bulan Ramadhan. Atau jika tengah berada dalam kompetisi. 

Di sepak bola, salah satu pemain yang mengganti puasanya pada hari lain jika hendak bertanding adalah Mohamed Salah. Namun ada juga yang tetap berpuasa seperti N'Golo Kante. 

"Untuk itu memang harus dibicarakan kembali dengan pemain dan pemimpin agama nanti," tambah pria asal Korea Selatan itu.

Para pemain timnas U-20 akan mengikuti pemusatan latihan sampai April mendatang. Program pemusatan latihan itu akan berlangsung di Jakarta dan Korea Selatan.

Total saat ini terdapat 29 pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, dengan mayoritas pemain yang turut membela Indonesia pada Piala Asia U-20 awal bulan ini. Masih ada satu nama lagi yang belum bergabung untuk menjalani pemusatan latihan, yakni Marselino Ferdinan yang masih membela klubnya di Liga Belgia, yakni KMSK Deinze.

Selain 30 pemain di atas, timnas U-20 juga berpeluang diperkuat tiga pemain naturalisasi, yakni Ivan Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Saat ini, proses berpindah kewarganegaraan bagi tiga pemain itu sudah semakin dekat, dengan disetujuinya rekomendasi Warga Negara Indonesia dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk ketiga pemain tersebut pada Senin.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement