Kamis 23 Mar 2023 15:12 WIB

Ronaldo Bantah Rumor akan Pensiun dari Timnas Portugal

Ronaldo ingin menjadi bagian dari timnas Portugal selama masih dibutuhkan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/RODRIGO ANTUNES
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Cristiano Ronaldo membantah rumor kemungkinan pensiun dari tim nasional (timnas) Portugal. Ia justru bahagia dipanggil ke skuad Portugal era kepelatihan Roberto Martinez untuk kualifikasi Euro 2024 pada Maret 2023 ini.

Hal tersebut dikatakan Ronaldo saat jumpa pers jelang pertandingan penyisihan Grup J kualifikasi Euro 2024 melawan Liechtenstein. Ini akan menjadi penampilan pertama Ronaldo untuk Portugal sejak meninggalkan Manchester United dan merapat ke klub Arab Saudi Al-Nassr.

Baca Juga

Desas-desus tentang Ronaldo yang akan segera pensiun dari timnas muncul setelah ia dibangkucadangkan oleh mantan pelatihnya Fernando Santos saat Portugal kalah 0-1 di perempat final Piala Dunia 2022.

Ronaldo menyamai rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Bader Al-Muntawa sebanyak 196 laga. Ia bahkan bisa melampauinya jika diturunkan menghadapi Liechtenstein. Roberto Martinez berjanji akan menghormati sejarah Ronaldo bersama timnas Portugal.

Martinez bahkan terbang ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Ronaldo secara pribadi. Itu menunjukkan posisi Ronaldo tak akan goyah di timnas, meskipun berganti pelatih. Mantan pelatih Belgia itu ingin memadukan antara pemain muda dengan Ronaldo.

“Saya merasa senang dengan Portugal. Rasanya seperti ini panggilan pertama lagi. Masa pensiun? Saya tidak ingin menjadi orang yang menyerah. Saya masih bisa membantu pemilihan,” ujar Ronaldo dilansir dari Sportskeeda, Kamis (23/3/2023).

Ronaldo menambahkan, ia ingin menjadi bagian dari Portugal selama masih dibutuhkan. Ia juga bertekad terus menambah rekor gol internasionalnya. Dan ia pun ingin menjadi pemain dengan catatan laga internasional terbanyak.

Ronaldo mengaku periode keduanya di Manchester United adalah fase buruk dalam kariernya. Ia tak keberatan menyampaikan situasi tersebut kepada publik. Namun ia menegaskan hidup harus terus berjalan. Dari situasi tersebut ia mengetahui siapa teman sejati yang ada di sekelilingnya.

Ronaldo berselisih dengan pelatih Man United Erik ten Hag sehingga kehilangan posisnya di starting XI sebelum kontraknya diakhiri pada 22 November 2022 atas kesepakatan bersama. Ia kemudian bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr, pada Januari dan menikmati awal yang sukses di klub barunya itu dengan mencetak sembilan gol dalam 10 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement