Jumat 24 Mar 2023 07:09 WIB

Portugal Perkasa Vs Liechtenstein, Cristiano Ronaldo Kembali Catat Rekor Baru

Bersama Portugal, Ronaldo telah mencetak rekor baru 120 gol di ajang internasional.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berselebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi Euro 2024 antara Portugal dan Liechtenstein, di Lisbon, Portugal, (23/3/2023).
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berselebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi Euro 2024 antara Portugal dan Liechtenstein, di Lisbon, Portugal, (23/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Cristiano Ronaldo sukses mencetak rekor baru setelah mengantarkan tim nasional (timnas) Portugal menang telak 4-0 atas Liechtenstein pada matchday pertama Grup J Kualifikasi Euro 2024 di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Dilansir BBC Sports, Ronaldo mencatat rekor dunia penampilan internasional ke-197 dengan mencetak dua gol. Belum ada pesepak bola lain di dunia yang mencatatkan 197 pertandingan internasional.

Baca Juga

Gol Ronaldo untuk Selecao das Quinas hadir pada menit ke-51 dan menit ke-63. Sedangkan dua gol lain datang lewat Joao Cancelo serta Bernardo Silva.

Hasil itu membuat Portugal memimpin klasemen Grup J dengan koleksi tiga poin, unggul selisih gol dari Bosnia-Herzegovina yang di partai lain menang 3-0 dari Islandia.

Namun yang paling menarik dari kemenangan ini adalah lahirnya sejumlah catatan emas bagi Ronaldo yang kini sudah berusia 38 tahun. Ronaldo diklaim telah mencetak rekor baru 120 gol di ajang internasional sebagai pesepak bola putra.

Pemilik lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu melakukan debut internasionalnya pada 2003 dan di Qatar tahun lalu menjadi orang pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia berbeda.

Pemain yang kerap lengket dengan nomor punggung tujuh itu menambahkan jumlah golnya dengan penalti di babak kedua sebelum menemukan sudut atas dengan tendangan bebas.

Pada bulan November 2022, Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak 800 gol karier tingkat atas dan ia juga memegang sejumlah rekor individu pesepak bola putra lainnya untuk klub dan negara.

Karier Ronaldo yang mengilap membuatnya memenangkan tujuh gelar domestik papan atas, 11 trofi domestik utama lainnya, lima trofi Liga Champions, empat Piala Dunia Antarklub, dan satu Kejuaraan Eropa.

Berikut catatan rekor gol Ronaldo dihimpun BBC Sports, Jumat (24/3/2023).

- Gol internasional terbanyak di dunia sepak bola 120 gol.

- Gol internasional terbanyak dalam pertandingan kompetitif 100 gol.

- Pemain pertama yang mencetak 10 hattrick dalam sepak bola internasional.

- Gol terbanyak di final Kejuaraan Eropa 14 gol.

- Satu-satunya pemain yang mencetak gol di tiga final Liga Champions.

- Tampil di sebagian besar final Kejuaraan Eropa sebanyak lima kali.

- Gol terbanyak Liga Champions 140 gol

- Penampilan Liga Champions Terbanyak 183 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement