Senin 27 Mar 2023 00:01 WIB

Kualifikasi Euro 2024: Inggris Unggul 2-0 Atas Ukraina pada Babak Pertama

Harry Kane dan Bukayo Saka membawa Inggris memimpin 2-0 atas Ukraina di babak pertama

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Inggris Harry Kane menjebol gawang Ukraina dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 di Stadion Wembley, London, Inggris, Ahad (26/3/2023).
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Penyerang timnas Inggris Harry Kane menjebol gawang Ukraina dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 di Stadion Wembley, London, Inggris, Ahad (26/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inggris memetik keunggulan lebih dulu saat menjamu Ukraina pada laga kedua Grup C Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Wembley, Ahad (26/3/2023) malam WIB. Gol dari Harry Kane dan Bukayo Saka membawa the Three Lion unggul 2-0 saat turun minum.

Inggris mendapat serangan di menit-menit-menit awal pertandingan. Terjadi benturan antara Malinoskyi dengan Chilwell saat laga baru berjalan dua menit. Ada kekhawatiran cedera dialami oleh Malinovskyi pascabenturan, beruntung tidak ada cedera serius setelah diperiksa tim medis.

Baca Juga

Pada menit kesembilan, tim tuan rumah meminta penalti saat Kane dijatuhkan oleh Svatok, tetapi wasit mengabaikan protes tim tuan rumah. Tak lama berselang, Chilwell menerobos dari sisi kiri lalu melepaskan umpan silang ke tiang jauh. Namun umpan tersebut masih di luar jangkauan Kane dan sentuha pertama Saka membuat bola keluar lapangan.

Peluang dari Yaremchuk pada menit ke-15 harus dihentikan oleh hakim garis saat pemain belakang Inggris membiarkannya melintas. Semenit kemudian, Inggris berhasil melakukan hal yang sama saat Maddison melepaskan tembakan ke gawang namun wasit menganggap terjadi pelanggaran dalam prosesnya.

Inggris telah mendominasi permainan tetapi belum benar-benar membuka peluang ke gawang Ukraina. Pada menit ke-30, Maddison melakukan tendangan bebas cepat, tetapi Kane tidak bisa melewati Trubin, dan jika dilihat dari tayangan ulang striker Tottenham sudah berada dalam posisi offside.

Tim tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-37, saat Kane mencetak gol ke-55 untuk Inggris. Ia berhasil memaksimalkan umpan silang dari Saka untuk membuat Inggris unggul 1-0. Umpan silang Saka sangat brilian untuk memungkinkan Kane menaklukkan Trubin dan memberi Inggris keunggulan.

Tanpa butuh waktu lama, Saka memberikan assist pada gol pertama berhasil menggandakan keunggulan Inggris pada menit ke-40. Dia menerima bola dengan membelakangi gawang, melewati Matvienko sebelum melepaskan tembakan ke sudut kiri atas untuk menjadikannya 2-0 untuk The Three Lions.

Susunan pemain Inggris vs Ukraina

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford (kiper); Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Ben Chilwell; Declan Rice, Jordan Henderson, Jude Bellingham; Bukayo Saka, Harry Kane, James Maddison

Ukraina (4-3-3): Aanatoliy Trubin (kiper); Vitaliy Mykolenko, Mykola Matviyenko, Oleksandr Svatok, Oleksandr Karavayev; Oleksandr Zinchenko, Taras Stepanenko, Heorhiy Sudakov; Mykhailo Mudryk, Roman Yaremchuk, Ruslan Malinovskyi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement