Selasa 28 Mar 2023 15:09 WIB

Kembalinya Senyum Ronaldo Bersama Timnas Portugal

Raihan 4 gol di 2 laga sekaligus mengakhiri periode buruk Ronaldo di timnas Portugal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Cristiano Ronaldo membuktikan masih punya taji saat memperkuat timnas Portugal. Torehan empat gol di dua laga terakhir seolah mengembalikan senyum pemain berusia 38 tahun itu bersama OS Navegadores, julukan timnas Portugal.

Bintang klub asal Arab Saudi, Al Nassr, itu menyumbang dua gol saat Portugal mencukur Liechtenstein, 4-0, akhir pekan lalu. Catatan gol serupa ditorehkan Ronaldo kala Portugal melumat Luksemburg, 6-0, awal pekan ini. Dua kemenangan itu lantas mengantarkan Portugal memuncaki klasemen sementara Grup J Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024.

Baca Juga

Sementara buat Ronaldo, torehan empat gol di dua laga itu sekaligus mengakhiri periode buruknya di timnas Portugal. Maklum, Ronaldo terbilang tampil begitu mengecewakan di gelaran Piala Dunia 2022, akhir tahun lalu. Meski Portugal mampu melaju ke babak perempat final, Ronaldo dinilai tidak memberikan kontribusi maksimal.

Ronaldo hanya mencetak satu gol dari lima kesempatan merumput di pentas Piala Dunia 2022. Bahkan, di dua laga terakhir Portugal di Piala Dunia 2022, Ronaldo hanya merumput sebagai pemain pengganti. Fernando Santos, yang saat itu menukangi Portugal, mulai memiliki keraguan terhadap pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) tersebut.

Namun, kondisi ini berubah di dua laga awal kiprah Portugal di babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Performa pemain dengan koleksi caps terbanyak di pentas sepak bola internasional dengan 197 caps itu pun mendapatkan review positif dari salah satu media olahraga asal Spanyol, Marca.

''Performa Ronaldo di dua laga tersebut menunjukkan dia masih layak menjadi pemimpin tim ini dan layak mendapatkan dukungan dari fan setia Portugal,' tulis laporan Marca, Selasa (27/3/2023).

Mantan bintang Real Madrid itu pun mengungkapkan kegembiraan usai mengantarkan Portugal memetik kemenangan di dua laga awal penyisihan Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2024. Pun dengan keberhasilannya memberikan kontribusi maksimal dengan torehan empat gol di dua laga.

''Dua pertandingan, dua kemenangan. Senang rasanya bisa memberikan kontribusi buat awal positif perjalanan kami di kompetisi ini,'' tulis Ronaldo di akun Instagram miliknya seperti dilansir Marca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement