Rabu 29 Mar 2023 11:54 WIB

Rodri Siap Gantikan Peran Sergio Busquets di Timnas Spanyol

Rodri bermain dalam perannya sebagai gelandang jangkar tradisional.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Spanyol dan Manchester City, Rodri.
Foto: AP/Julio Cortez
Pemain timnas Spanyol dan Manchester City, Rodri.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Rodri menyatakan siap menggantikan peran Sergio Busquets di timnas Spanyol pada kualifikasi Euro 2024. Busquets memilih pensiun dari timnas Spanyol setelah tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar akibat kalah dari Maroko lewat adu penalti.

Pelatih baru timnas Spanyol Luis de La Fuente akan merombak tim dalam beberapa bulan mendatang. Ia menjadikan pertandingan kualifikasi untuk menilai pemain-pemain pilihannya yang nantinya berpotensi dipasang sebagai starting XI.

Baca Juga

Rodri yang merupakan pemain Manchester City bermain dalam perannya sebagai gelandang jangkar tradisional seperti yang diperankan Busquets saat Spanyol menang 3-0 atas Norwegia pekan lalu. Rodri mengeklaim pelatih telah memberitahunya bahwa posisinya sebagai peran yang ditinggalkan Busquets.

“Saya mencoba untuk menganggapnya wajar karena saya sudah berada di tim nasional selama bertahun-tahun sekarang. Saya ingin membuat jalan saya sendiri dan berkembang setiap hari. Saya ingin orang paham hal yang saya alami,” ujar Rodri dilansir dari Football Espana, Rabu (29/3/2023).

Dengan Rodri ditetapkan sebagai salah satu andalan tim Spanyol era La Fuente, mantan pelatih timnas U-21 ini diperkirakan akan memanggil bintang-bintang muda yang sudah dikenalnya di babak kualifikasi Euro 2024. Ia pun memuji bintang muda milik Barcelona Gavi. Dia telah menjadi bagian penting dari permainan La Roja.

Rodri memang jarang mendapatkan kesempatan bermain di Manchester City. Namun ia mampu menjalankan strategi yang diinginkan pelatih Man City Pep Guardiola.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement