Kamis 30 Mar 2023 22:49 WIB

Tanpa Marques Bolden dan Derrick Michael, Timnas Basket Putra Try Out ke Australia

Hanya 15 pemain yang dibawa try out ke Australia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Marques Bolden (kiri) tidak ikut dengan timnas basket putra berlatih di Australia menjelang SEA Games 2023 karena cedera.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Marques Bolden (kiri) tidak ikut dengan timnas basket putra berlatih di Australia menjelang SEA Games 2023 karena cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pemain kunci yang ikut mempersembahkan medali emas di SEA Games Vietnam lalu, Marques Bolden dan Derrick Michael, tak ikut serta dalam persiapan timnas basket putra di Australia. Timnas basket putra akan menjalani try out pada 4-24 April di Australia, dengan hanya 15 pemain yang akan diboyong ke Negeri Kanguru.

"Timnas akan berangkat ke Australia untuk persiapan. Tanggal 4 April ini mereka akan mengadakan sembilan kali pertandingan dan 18 kali latihan selama TC di Australia sampai 24 April," kata Wakil Ketua PP Perbasi George Fernando Dendeng ketika ditemui media di GBK Arena, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

Rencananya timnas akan membawa 15 orang di dalam try out di Australia ini. Pemain-pemainnya masih dalam pemilihan saat ini. Pelatih masih punya waktu 1-2 hari ke depan untuk menentukan 15 pemain yang akan dibawa ke Australia. 

"Jadi sekarang semua masih dalam persiapan untuk seleksi dan pemilihan," kata dia.

Mengomentari kondisi Bolden dan Derrick, George masih berharap ada keajaiban. Sebab, keduanya masih dalam pemulihan cedera. Kami harapkan ada mukzizat dalam beberapa hari ke depan, atau menjelang SEA Games 2023. Perbasi juga masih menunggu update dari AS. 

"Pemulihan cedera Derrick cukup panjang. Update terakhir, mulai pemulihan tapi belum bisa melakukan aktivitas yang cukup berat, jadi kita masih menunggu beberapa waktu ke depan," kata dia.

Pelatih kepala Milos Pejic menambahkan, timnya ke Australia untuk mematangkan prinsip dasar permainan. Ia menegaskan, tidak ingin pasukannya bermain basket "liar". Di sana, Milos ingin menerapkan sistemnya ke dalam tim. Menurut dia butuh waktu karena ada orang baru.

"Di Australia, kami akan memainkan sembilan pertandingan, kamp yang berbeda, kami akan memainkan sembilan pertandingan, dan 15 pemain akan dievaluasi setelah delapan atau sembilan pertandingan itu. Kita akan lihat siapa yang bisa menjawab untuk tim nasional," imbuhnya.

Tanpa Bolden, Milos menyatakan tidak memiliki pemain yang bisa menggantikannya. Namun seluruh tim akan berusaha untuk meminimalisasi kehilangan Bolden.

Saat ini ada 19 pemain Pelatnas di Jakarta. Hanya 15 pemain yang dibawa ke Australia, sepulang dari Negeri Kanguru nantinya hanya akan dipilih 12 pemain untuk tampil di SEA Games 2023 Kamboja berupaya mempertahankan medali emas. 

Berikut 19 Daftar Pemain Basket Putra Indonesia untuk Training Camp SEA Games 2023 :

Guard: Anthony Beane Jr (Indonesia Patriots), Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung), Muhamad Arighi (Pelita Jaya Bakrie), Andakara Prastawa (Pelita Jaya Bakrie), Antoni Erga (Satria Muda Pertamina), Yesaya Saudale (Pelita Jaya Bakrie), Widyanta Putra Teja (Satria Muda Pertamina), Althof Dwira Satrio (RANS PIK Basketball) 

Forward: Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten), Arki Dikania Wisnu (Satria Muda Pertamina), Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina), Juan Laurent Kokodiputra (Satria Muda Pertamina), Aldy Izzatur (Pelita Jaya Bakrie), Ali Bagir (Satria Muda Pertamina), Laurentius Oei (Satria Muda Pertamina), Dame Diagne (Indonesia Patriots) 

Center: Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya Bakrie), Kelvin Sanjaya (Indonesia Patriots), Julian Chalias (Indonesia Patriots)

Catatan: Minus Arki Dikania Wisnu (cedera), Lester Prosfer dan Brandon Jawato, serta Abraham Damar Grahita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement