Rabu 05 Apr 2023 19:57 WIB

Messi Dinilai Sebagai Transfer Gagal PSG

Messi gagal memenuhi ekspektasi klub untuk merengkuh trofi juara Liga Champions.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi menyentuh dahinya di menit akhir pertandingan sepak bola Ligue 1 Prancis.
Foto: AP Photo/Christophe Ena
Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi menyentuh dahinya di menit akhir pertandingan sepak bola Ligue 1 Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Mantan gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Mathieu Bodmer menilai transfer Lionel Messi dari Barcelona ke PSG gagal. Messi mengakhiri kebersamaannya selama 21 tahun bersama Blaugrana pada musim panas 2021 karena klub tersebut mengalami masalah finansial saat hendak memperpanjang kontrak sang bintang.

La Pulga, julukan Messi, kemudian bergabung ke PSG dengan status bebas transfer dan dikontrak selama dua tahun. PSG berharap kedatangan Messi dapat mewujudkan impian PSG meraih trofi Liga Champions. Namun segalanya tak sesuai rencana karena Messi gagal mempersembahkan trofi tersebut hingga kontraknya akan habis Juni 2023 nanti.

Baca Juga

Kapten timnas Argentina itu memang mencatatkan 29 gol dan 32 assist dalam 32 penampilan di semua kompetisi bersama PSG. Tetapi kegagalannya membawa PSG meraih juara Liga Champions membuat kesabaran klub tampaknya mulai habis.

Sekelompok penggemar mencemooh pemenang gelar pemain terbaik dunia (Ballon d’Or) tujuh kali itu saat PSG kalah 0-1 dari Lyon dalam pertandingan Ligue 1 Prancis, 2 April 2023 lalu.

Bodmer menganggap hubungan Messi dengan penggemar telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Bodmer juga mengkritik Messi karena gagal memenuhi ekspektasi klub.

"Messi di PSG, itu sia-sia. Di PSG, kami keras terhadap para pemain. Kami satu-satunya klub di dunia yang mampu bersiul padanya. Dia tidak memberikan apa yang kami harapkan. Hubungan dengan fan rusak. Memalukan," ujar Bodmer dilansir dari Sportskeeda, Rabu (5/4/2023).

Musim ini, Messi mencatatkan 18 gol dan 17 asisst dalam 33 penampilan di semua kompetisi. Meski demikian, itu tak cukup untuk membuat hati penggemar senang. Kini masa depannya penuh spekulasi. PSG masih ingin mempertahankannya namun negosiasi dilaporkan belum ada kesepakatan.

Pemain 35 tahun itu bisa meninggalkan Parc des Princes sebagai agen bebas musim panas ini. Barcelona disebut-sebut ingin memulangkan mantan bintangnya itu ke Camp Nou. Meskipun Barca harus bersaing dengan klub lain yang juga tertarik memakai jasanya.

Menurut pakar transfer asal Italia, Fabrizio Romano, Messi telah mendapatkan tawaran 400 juta euro per tahun dari klub Arab Saudi, Al-Hilal. Klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami, juga dilaporkan bisa menjadi pilihan pemenang Piala Dunia 2022 Qatar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement