Selasa 11 Apr 2023 05:00 WIB

Barcelona Ditahan Imbang Girona tanpa Gol di La Liga

Barcelona unggul 13 poin dari Real Madrid di puncak klasemen.

Reaksi penhyerang Barcelona Robert Lewandowski dan gelandang Franck Kessie saat gagal mencetak gol ke gawang Girona dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Selasa (11/4/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Quique Garcia
Reaksi penhyerang Barcelona Robert Lewandowski dan gelandang Franck Kessie saat gagal mencetak gol ke gawang Girona dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Selasa (11/4/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona memperpanjang keunggulan mereka di puncak klasemen La Liga dari Real Madrid menjadi 13 poin, meskipun ditahan imbang tanpa gol oleh tim papan tengah Girona dalam derby Katalunya di Camp Nou, Selasa (11/4/2023) dini hari WIB. Barcelona tampil di bawah kemampuan terbaiknya pada laga ini.

Barca hampir saja mencetak gol pada babak pertama. Namun tendangan Ronald Araujo tidak melewati garis gawang sebelum penjaga gawang Girona, Paulo Gazzaniga, menepisnya.

Baca Juga

Barcelona mengoleksi nilai 72 dari 28 pertandingan, 13 angka di atas Real Madrid yang berada di peringkat kedua dengan 10 pertandingan tersisa. Adapun Girona unggul delapan poin dari zona degradasi di peringkat 11.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengharapkan reaksi dari anak asuhnya menyusul kekalahan 0-4 dari Real Madrid di semifinal Copa del Rey pekan lalu. Namun mereka kesulitan untuk membongkar pertahanan kokoh Girona yang hanya mencatatkan satu kali clean sheet di La Liga musim ini.

"Itu satu partai yang sangat sulit, Girona bermain dengan sangat baik. Kami bermain dengan bagus dalam tekanan tinggi, tetapi sekali lagi kami tidak bisa mencetak gol," ujar Xavi kepada wartawan.

"Sangat disayangkan karena kami ingin unggul 15 poin dari Real Madrid, tetapi inilah sepak bola. Saya pikir Anda harus sangat menghargai posisi kami saat ini (di puncak klasemen La Liga)."

Ia mengatakan, tanggung jawab untuk mencetak gol ada pada semua anggota tim. Menurut dia. Barcelona telah memainkan satu partai yang bagus. Mereka hanya kurang mencetak gol. 

"Kami telah mencoba segalanya tetapi hari ini tidak memungkinkan," kata dia.

Gazzaniga juga harus menepis bola dari gawangnya setelah rekan setimnya, Santiago Bueno, melepaskan umpan lambung yang seharusnya mengarah ke pojok bawah gawang. Peluang lainnya datang dari pemain sayap Barca, Raphinha, yang melepaskan tendangan melebar setelah mendapat ruang tembak yang cukup baik di tiang jauh.

Pemain bertahan tuan rumah, Eric Garcia, menyundul bola dari tendangan bebas yang seharusnya dapat menjadi gol, namun peluang terbaik di babak kedua jatuh ke tangan tim tamu. Striker Taty Castellanos berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Namun tendangannya melebar ketika sebuah umpan datar kepada rekan setimnya, Viktor Tsygankov, seharusnya bisa menjadi gol.

"Ini tempat yang sulit untuk didatangi, melawan tim yang mudah mencetak gol," ujar pemain bertahan Girona, David Lopez. "Kami harus memainkan permainan yang sangat lengkap untuk tidak kebobolan. Kami bertahan dan membawa pulang satu poin yang layak."

Ia mengatakan, satu-satunya hal negatif adalah mereka tidak dapat mencetak gol. Dalam partai-partai seperti ini, tim hanya memiliki satu peluang dan jika tidak memanfaatkannya, tidak akan mendapatkannya lagi.

Barca akan bertandang ke Getafe pada pertandingan berikutnya pada Ahad (16/4/2023), sementara Girona akan menjamu Elche pada hari yang sama.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement