Senin 17 Apr 2023 00:28 WIB

Livescore; Tampil Dominan, MU Hajar Nottingham Forest 2-0 untuk Naik ke Posisi Ketiga

Antony jadi bintang kemenangan dengan satu gol dan satu assist.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Winger Manchester United Antony (kanan) merayakan golnya setelah membobol gawang Nottingham Forest di City ground di Nottingham, Inggris, Ahad (16/4/2023).
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Winger Manchester United Antony (kanan) merayakan golnya setelah membobol gawang Nottingham Forest di City ground di Nottingham, Inggris, Ahad (16/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, NOTTINGHAM -- Manchester United berhasil mencuri tiga poin saat bertandang ke markas Nottingham Forest pada pekan ke-31 Liga Primer Inggris, Senin (17/4/2023) dini hari WIB. Kemenangan, 2-0, atas Forest itu pun membawa United menggeser Newcastle United di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris.

United memastikan kemenangan di Stadion City Ground via gol yang masing-masing dicetak oleh Antony dan Diogo Dalot. Dengan kemenangan ini, tim besutan Erik ten Hag itu berhak mengambil alih peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris dari tangan Newcastle United.

Baca Juga

Sama-sama telah tampil di 30 partai, United unggul tiga poin atas The Magpies. Sementara Setan Merah sukses mengoleksi 59 poin, The Magpies turun ke peringkat keempat lantaran mengemas 56 poin dari 30 partai.

Sementara buat tim tuan rumah, kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat tim besutan Steve Cooper itu masih belum beranjak dari zona degradasi. Forest tertahan di perinkat ke-17 dengan raihan 27 poin dari 31 partai. 

 

Jalannya Pertandingan

Tim tuan rumah memaksa Manchester United tampil dengan intensitas tinggi pada awal laga. Setan Merah pun merespon kondisi tersebut dengan langsung melancarkan serangan ke wilayah pertahanan Forest. Hingga pertengahan babak pertama, lini tengah Setan Merah terlihat jauh lebih unggul dibanding para gelandang Forest.

Peluang pertama didapatkan United pada menit ke-18. Bruno Fernandes melepaskan sepekan keras dari dalam kotak penalti. Fernandes memanfaatkan bola rebound usai Antony gagal mengendalikan bola. Sepakan keras Fernandes itu berujung pada penyelematan gemilang Keylor Navas di bawah mistar gawang Forest.

Eks penjaga gawang Real Madrid menepis bola hasil sepakan Fernandes dengan satu tangan tepat di depan mulut gawang tim tuan rumah. Ini menjadi satu dari dua sepakan tepat mengarah ke gawang yang dilepaskan para penggawa Setan Merah pada 20 menit awal babak pertama.

Forest nyaris membuka keunggulan pada menit ke-25. Scott McKenna berhasil menanduk bola hasil sepak pojok, yang dilepaskan Morgan Gibbs-Whites. Namun, bola hasil sundulan McKenna masih membentur tiang sebelah kanan gawang Setan Merah.

Ini menjadi satu-satunya ancaman yang mampu diberikan tim tuan rumah hingga pertengahan babak pertama. Di sisi lain, United terus berusaha untuk mencatatkan keunggulan. Serangan Setan Merah terlihat banyak bertumpu di sisi kiri pertahanan dengan mengandalkan kemampuan teknik dan kecepatan Antony.

Winger asal Brasil itu benar-benar membawa United unggul pada menit ke-32. Antony menyambar bola hasil halauan Navas terhadap tendangan Anthony Martial dari dalam kotak penalti. Martial mendapatkan kesempatan melepaskan sepakan keras usai memanfaatkan umpan dari Fernandes.

Gol Antony terbukti menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama. Upaya tim tuan rumah untuk bisa membalas selalu mampu digagalkan oleh barisan pertahanan United. Babak pertama pun menjadi milik Setan Merah.

Awal babak kedua, para pemain Forest melakukan protes kepada wasit. Pasalnya, wasit enggan memberikan hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah. Padahal, Diogo Dalot kedapatan melakukan handball/ di dalam kotak penalti. Namun, wasit bergeming dan memutuskan untuk melanjutkan laga.

United nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-58. Fernandes melepaskan sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti Forest. Kendati begitu, Navas berhasil menghalau sepakan keras gelandang serang asal Portugal itu. Bola pun sempat membentur mistar gawang Forest.

Navas kembali dipaksa melakukan aksi penyelamtan gemilang. Kali ini, eks penjaga gawang asal Kosta Rika itu menghalau sepakan mendatar Fernandes. Bola yang diarahkan Fernandes ke pojok kanan bawah gawang Forest itu masih mampu dijangkau oleh Navas.

Hingga pertengahan babak kedua, United tampil dominan dengan melepaskan 14 tembakan, termasuk enam tembakan tepat mengarah ke gawang. Sedangkan tim tuan rumah hanya mampu melepaskan lima tembakan, tanpa satu pun tepat mengarah ke gawang. Dominasi United ini akhirnya berujung dengan keberhasilan mencetak gol kedua di laga ini, tepatnya pada menit ke-76. 

Adalah Diogo Dalot yang mencatatkan namanya di papan skor. Melakukan overlapping, bek sayap asal Portugal itu sukses memanfaatkan umpan terobosan dari Antony. Dalot menyelesaikan serangan ini dengan sebuah sepakan terarah ke sebelah kiri gawang Forest. 

Setan Merah terbukti mampu menjaga keunggulan hingga laga usai. United pun berhasil menjaga rekor kemenangan di Liga Primer Inggris usai memetik kemenangan di dua laga sebelumnya. Sebaliknya, Nottingham Forest melanjutkan tren negatif dengan torehan tidak pernah menang di 10 laga terakhir di kancah Liga Primer Inggris.

 

 

 

 

 

photo
Anthony dari Manchester United (tengah), berduel dengan Remo Freuler dari Nottingham Forest selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Nottingham Forest dan Manchester United di City ground di Nottingham, Inggris, Ahad, (6/4/2023). - (AP Photo/Rui Vieira)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement