Jumat 21 Apr 2023 06:54 WIB

Hariyanto Arbi Dorong Negara Perhatikan Para Pensiunan Atlet

Hariyanto mendorong agar pensiunan atlet hidup tenang seusai berjuang untuk negara.

Hariyanto Arbi (kiri). Hariyanto Arbi, menyuarakan soal nasib para atlet yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah internasional tetapi terkadang tidak diperhatikan negara.
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Hariyanto Arbi (kiri). Hariyanto Arbi, menyuarakan soal nasib para atlet yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah internasional tetapi terkadang tidak diperhatikan negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia bulu tangkis 1995, Hariyanto Arbi, menyuarakan soal nasib para atlet yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah internasional tetapi terkadang tidak diperhatikan negara. Lewat akun Instagramnya, Hariyanto menceritakan pengalaman keluarga dia yang mengalami nasib serupa. Pebulu tangkis yang dijuluki 'smash 100 watt' itu bercerita tentang Eddy Hartono, kakak kandungnya yang juga atlet bulu tangkis.

Menurut Hariyanto, Eddy, yang merupakan peraih medali perak di Olimpiade Barcelona 1992 itu, kini memakai tongkat karena lututnya sakit.

Baca Juga

"Sekarang jangankan main badminton kesukaannya mencari keringat, sekadar jalan saja dia harus dibantu tongkat," kata Hariyanto.

Hariyanto mengibaratkan tubuh kakaknya seperti mobil balap yang kelamaan dipakai bakal kena penyok. "Begitu juga tubuh atlet yang akrab dengan latihan dan cedera, ditambah dengan usia yang mulai menua tentu ada saja yang ringsek."

Untuk mengatasi persoalan mantan atlet, Hariyanto menyebut pentingnya dana pensiun atlet buat peraih medali Olimpiade. Dana itu, menurut dia, bukan untuk bermewah-mewahan.

"Paling tidak dana itu bisa digunakan untuk berobat atau buat pegangan hari tua di mana banyak juga atlet yang sudah pensiun tidak memiliki pekerjaan bagus yang memungkinkan mereka menabung untuk hari tua," ujar Hariyanto.

"Ketika tua apakah terlalu muluk-muluk kalau mereka perlu gantian diperhatikan oleh negara yang selama ini mereka junjung dan perjuangkan?"

Ide dana pensiun untuk atlet peraih medali tersebut direspons positif oleh warganet. Hingga Kamis petang sudah lebih dari 260 orang mengomentari unggahan Hariyanto di Instagram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement