Ahad 23 Apr 2023 11:30 WIB

Pelatih PSG: Mbappe Terobsesi dengan Pemecahan Rekor

Mbappe memuncaki daftar top skor Liga Prancis.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang PSG Kylian Mbappe .
Foto: EPA-EFE/TERESA SUAREZ
Penyerang PSG Kylian Mbappe .

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kylian Mbappe memborong semua gol Paris Saint Germain (PSG) saat juara bertahan Ligue 1 itu menundukan Angers 2-1 pada pekan ke-32 Ligue 1, Sabtu (22/4/2023) malam WIB. Penyerang asal Prancis itu mencetak gol pada menit kesembilan dan menit ke-26 dalam laga di markas Angers tersebut.

Les Parisiens akhirnya mampu mempertahankan keunggulan dan menutup laga dengan kemenangan, 2-1. Gol balasan tim tuan rumah tercipta pada menit ke-87 via torehan Sada Thioub. Tambahan tiga poin di laga ini membawa PSG kian nyaman di puncak klasemen sementara Ligue 1.

Baca Juga

Mengemas 75 poin dari 32 laga, PSG unggul sembilan poin dari pesaing terdekatnya, Lens, yang duduk di peringkat kedua. Sementara buat Mbappe, torehan dua gol di laga ini membawa penyerang berusia 24 tahun itu kembali memuncaki daftar top skor sementara Ligue 1 musim ini dengan koleksi 22 gol.

Mbappe unggul satu gol dari penyerang Lille, Jonathan David. Sedangkan di peringkat ketiga ditempati penyerang Lyon, Alexander Lacazette, yang telah mencetak 19 gol. Apabila mampu mempertahankan konsistensi performa, Mbappe berpeluang untuk kembali menyabet gelar top skor Liga Prancis musim ini.

Pelatih PSG Christophe Galtier mengungkapkan, Mbappe memiliki ambisi dan obsesi lain pada gelaran Ligue 1 musim ini. Selain mengantarkan PSG mempertahankan titel Ligue 1 pada musim ini, Mbappe juga membidik gelar top skorer Ligue 1 pada akhir musim.

''Kylian mencetak gol, di atas semua, untuk kepentingan tim. Namun, dia memiliki karakter dan ambisi untuk bisa memecahkan rekor. Selain titel Liga Prancis, ada pula gelar top skorer pada akhir musim ini,'' tutur Galtier seperti dikutip laman resmi Ligue 1, Ahad (23/4/2023).

Ambisi itu, ujar Galtier, sudah menjadi karakter eks penyerang AS Monaco tersebut. Galtier bahkan menyebut, Mbappe akan sangat marah dan kecewa apabila gagal mencetak gol sebuah laga. 

''Dia memiliki karakter itu, kompetitor tidak hanya untuk tim, tapi juga di level personal. Dia akan sangat marah dan kecewa apabila gagal mencetak gol,'' ujar pelatih asal Prancis tersebut.

Apabila bisa menyabet gelar top skorer Ligue 1 pada musim in, Mbappe akan menyamai rekor milik Carlos Bianchi, yang mampu menyabet gelar top skorer Ligue 1 selama empat musim beruntun. Di sepanjang sejarah Ligue 1, legenda Marseille, Jean-Pierre Papin, menjadi pemain pertama yang mampu menyabet gelar top skorer Ligue 1 selama lima musim beruntun.

Sejak memulai debut di Ligue 1 pada 2015 silam, Mbappe telah mengoleksi empat gelar top skorer kompetisi kasta tertinggi sepak bola Prancis tersebut, termasuk di tiga musim terakhir Ligue 1. Pada musim lalu, Mbappe berhak menyabet gelar top skorer Ligue 1 usai mengakhiri kompetisi dengan koleksi 28 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement